12 April 2024
HomeBeritaSusu Sumber Nutrisi yang Lengkap untuk Anak

Susu Sumber Nutrisi yang Lengkap untuk Anak

SHNet – Peran susu sebagai sumber protein hewani semakin dibutuhkan untuk memastikan tumbuh kembang anak optimal. Apalagi saat ini, masih ada persoalan stunting yang harus segera dituntaskan, dimana yang dibutuhkan adalah pemenuhan kebutuhan protein hewani anak.

Hal itu dikemukakan Dokter Anak Rumah Sakit Permata Depok, dr. Agnes Tri Harjaningrum, Sp.A dalam program Klik Indonesia pagi, pada Selasa (12/3).

Ia menjelaskan, kondisi gagal tumbuh pada anak seringkali karena kekurangan asupan protein hewani, yang salah satunya dapat dipenuhi melalui konsumsi susu.

“Susu itu memang sangat banyak manfaatnya, kayak one stop shopping. Itu kelebihannya itu,” ungkap Agnes.

Namun demikian, ia juga menegaskan pentingnya mengembangkan skill makan pada anak. Meskipun memberikan susu sebagai minuman bergizi, anak juga perlu diajari untuk makan makanan padat yang seimbang.

Dalam menangani stunting, pengawasan khusus terhadap pola makan anak menjadi hal yang penting. “Bukan hanya tentang kuantitas asupan makanan, tetapi juga mengenai kualitasnya dan bagaimana anak-anak diberi pengajaran tentang pola makan yang sehat.” Pungkasnya.

Senada dengan dr. Agnes, Dokter spesialis ilmu kesehatan anak, dr. Radhian Amandito, Sp.A., merekomendasikan susu hewani untuk anak usia 12-23 bulan berdasarkan pedoman WHO.

“Kalau ada (susu) yang belum diproses sama sekali, kandungan (nutrisinya) mungkin sangat lengkap semua vitamin, mineral, protein, dan lain-lain. Tapi sangat tinggi risiko kontaminasi, perut bayi belum menerima, berisiko diare,” katanya.

“Sementara fresh milk ini, tengah-tengah. Cukup stabil untuk diterima oleh bayi, (risiko kontiminasinya) tidak terlalu banyak, tapi kandungan nutrisinya masih terjaga,” sambungnya.

Jadi, jika ingin memberikan susu anak, sebaiknya berikan fresh milk dan sebaiknya yang tidak ada rasa. Karena susu rasa-rasa, kebanyakan kandungan gulanya lebih banyak, sementara kadar susunya rendah.

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU