7 July 2022
HomeBeritaAbdul Muis, Lakukan Edukasi Gizi Melalui Mendongeng

Abdul Muis, Lakukan Edukasi Gizi Melalui Mendongeng

Jakarta -Optimalisasi pendidikan anak bagi orang tua di era digital saat ini perlu ditingkatkan Kembali. Karena sekarang, di era dimana gadget sudah membuat banyak anak terutama di Indonesia menjadi ketergantungan. Orang tua perlu menyiasati hal ini dengan mengkombinasikan kedua hal tersebut, terlebih lagi orang tua menjadi “guru” pertama bagi anaknya dan anak terutama di usia dini itu peniru ulung.

Ia akan meniru apa yang dilihat, dirasakan, dan didengar dari lingkungannya. Ini karena ia belum mengetahui batasan benar atau salah, baik atau buruk serta pantas atau tidak pantas. Karena itu, masa usia dini anak adalah masa yang tepat bagi orangtua untuk memberikan pendidikan yang membantu mengembangkan perilaku positif anak.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengoptimalisasikan pendidikan anak adalah dengan cara mendongeng. Kenapa mendongeng? Karena dengan orang tua mendongeng atau bercerita, anak dapat mengembangkan keterampilan literasi dan memicu imajinasi mereka, serta menciptakan kenangan yang bertahan seumur hidup.

Menurut Abdul Muis, salah satu pendongeng yang telah malang melintang di dunia dongeng, berpendapat bahwa dengan mendongeng akan meningkatkan pondasi keluarga, terutama jika kedua orang tua telah memiliki semangat akan hal tersebut.

“Insyallah pondasi dari anak-anak akan semakin kuat. Karena mereka akan mendapat pesan positif yang diulang-ulang dari orang tua, nanti akan menjadi generasi terbaiknya. Kalau kita sebarluaskan, tidak hanya di keluarga saja tapi manfaatnya bisa untuk seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya saat ditemui di acara Pengumuman Peserta Lomba Video Story Telling Online ‘Kami Sadar Gizi, Siap Bersaing di Era Globalisasi’ pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Abdul Muis juga menjadi pemenang terbaik lomba tersebut untuk kategori Instagram. Ia mengangkat tema ‘Waspada Pangan Tinggi Kandungan Gula, Fakta Susu Kental Manis Sesungguhnya’. Kak Muis, begitulah sapaannya, memilih tema tersebut bukan tanpa sebab. Hal ini dikarenakan ia perlu menyuarakan apa yang sudah lama menjadi keresahannya terutama pada orang tua, yaitu konsumsi gula yang berlebihan pada anak. Bukan tanpa sebab, ia memiliki 3 orang anak yang gemar jajan makanan dan minuman yang manis pula. Dan menurutnya, cara mendongeng menjadi cara yang tepat untuk menyampaikan edukasi tersebut. Anak-anak pun dapat menyaksikan dari gadget-nya, dan menjadi tontonan yang baik bagi mereka.

“Kalau saya mengikuti lomba video story telling ini, sebenarnya saya mendapat dua keuntungan. Pertama, saya bisa menyampaikan edukasi terkait tema tersebut kepada anak saya. Dan yang kedua, saat video ini saya ikutsertakan ke lomba, masyarakat terutama anak-anak dapat menontonnya dan menjadi edukasi bagi mereka dengan cara yang asyik yaitu mendongeng,” tutupnya.

Ia juga berharap bahwa dari lingkungan terdekatnya, yaitu anak-anaknya agar sadar akan gizi dan bahaya konsumsi gula yang berlebihan. (sbr)

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU