22 May 2022
HomeBeritaKesraAcer Smart School Awards 2021 Dukung Program Merdeka Belajar

Acer Smart School Awards 2021 Dukung Program Merdeka Belajar

SHNet, Jakarta– Penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021 juga merupakan bentuk partisipasi Acer dalam mendukung program Kemendikbudristek yaitu Merdeka Belajar.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen PAUD dan Dikdasmen Kemendikbudristek, Dr Jumeri S.TP, M.Si dalam sambutan resminya pada pengumuman pemenang Acer Smart School Awards 2021 untuk Sekolah dan Tenaga Pendidik, di Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Menurutnya, program ini dibuat salah satunya agar sumber ilmu yang dilihat bukan sebatas pada ruang kelas saja, tetapi bisa di luar kelas, seperti online learning, internet, perpustakaan, serta lingkungan sekitar.

“Penghargaan Acer Smart School Award 2021 dapat menjadi contoh program empowerment bagi seluruh sekolah dan para tenaga pendidik di Indonesia untuk senantiasa memberikan pendidikan berkualitas melalui berbagai macam terobosan dan inovasi teknologi. Saya percaya bahwa transformasi digital dalam dunia pendidikan Indonesia adalah inovasi yang dapat memberikan makna dan tujuan bersama, yaitu pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Penghargaan berskala nasional Acer Smart School Awards 2021 diberikan kepada sekolah dan tenaga pendidik yang berhasil menerapkan dan menjadi inspirasi transformasi digital di dunia pendidikan. Para pemenang dinilai telah memenuhi seluruh kriteria penilaian utama untuk masing-masing kategori mulai dari kategori “School of The Year”, “Kepala Sekolah Inspiratif”, dan “Guru Kreatif” . Pada kesempatan tersebut, Acer juga memberikan penghargaan Special Mention kepada sekolah SMP Negeri Buti, Merauke dan SMP Kristen Kalam Kudus, Solo, yang telah berani melakukan terobosan teknologi untuk menjadi sekolah yang lebih baik.

“Acer berkomitmen untuk menjadi enabler bagi dunia pendidikan untuk dapat mengimplementasikan teknologi dalam proses belajar termasuk mendukung integrasi teknologi dalam interaksi antara guru, siswa, dan orangtua. Melalui Acer Smart School Awards 2021, kami yakin masing-masing pihak akan mendapatkan manfaat positif untuk mendorong metode pembelajaran yang lebih baik di sekolahnya masing-masing,” ujar Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada semua stakeholder di dunia pendidikan yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021. Kami berharap program apresiasi dan pelatihan yang diberikan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi dunia pendidikan Indonesia agar semakin siap menghadapi era edukasi 5.0 melalui transformasi pembelajaran digital,” tambah Herbet.

Sebanyak 2.165 sekolah dari sejumlah daerah di Indonesia telah berpartisipasi dalam kompetisi ini. Acer juga memberikan pelatihan dan pendampingan khusus selama kompetisi berlangsung, termasuk menghadirkan para juri yang memiliki latar belakang dan keahlian di bidang pendidikan.

Dewan Juri Acer Smart School Awards 2021 yang diketuai Prof. Dr. Ir. Ricardus Eko Indrajit, menilai para pemenang telah memenuhi seluruh kriteria penilaian utama yakni memiliki nilai e-leadership, menjadikan teknologi sebagai sumber daya pembelajaran yang mendukung tujuan kurikulum, peran sekolah dalam hal keselamatan dan keamanan siswa, kesiapan SDM, keterlibatan orang tua, proses evaluasi dan pengembangan kemampuan TIK siswa, hingga pandangan sekolah yang luas dan terkoordinasi dalam penggunaan teknologi di sekolah.

Acer Smart School Awards 2021 diberikan kepada 14 sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia, dalam lingkup SD, SMP, SMA, dan SMK. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah seperti kelas percontohan digital, laptop, dan uang tunai dengan total hadiah senilai lebih dari Rp500 juta.

Berikut daftar lengkap penerima Acer Smart School Awards 2021:

Smart School of The Year
SD Ar Rafi, Bandung
SMP Kusuma Bangsa, Palembang
SMA PGRI Plus, Cibinong
SMK Telkom, Bandung

Kepala Sekolah Inspiratif

Agung Rahmanto, S.H., M.Pd. – SD Muhammadiyah, Sapen Yogyakarta
Antoni – SMP Darma Yudha, Pekanbaru
Dony Fikri Akbar, S.Kom. – SMA Kusuma Bangsa, Palembang
Tintin Hermawati – SMK Al Wafa, Bandung

Guru Kreatif
Nara Uma Annisa S.Pd. – SD Nasima, Semarang
Lievyana Fiorentine Tulangow, S. Farm. – SMP Manado Independent School, Kalawat Minahasa Utara
Fajar Indra Kurniawan, M.Kom. – SMAN Mojoagung, Jombang
Sulistyono, S.Kom. – SMKN 5, Bandar Lampung

Acer Special Mention

Pascalis Tethool – SMP Negeri Buti, Merauke
Felixtian Teknowijoyo – SMP Kristen Kalam Kudus, Solo

Penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021 didukung oleh Kemendikbudristek, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Penerbit Intan Pariwara, Microsoft, Intel, dan Jelajah Ilmu, solusi pengajaran komprehensif kelas dunia yang diadaptasi untuk kurikulum Indonesia. (Stevani Elisabeth)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU