1 December 2021
HomeBeritaDanone SN Indonesia Raih Peringkat Silver dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT)...

Danone SN Indonesia Raih Peringkat Silver dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021

Jakarta – Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia 2019-2020 meraih rating Silver dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Dalam prosesnya, ada tiga aspek penilaian yaitu dampak lingkungan, sosial dari aktivitas perusahaan, dan pencapaian SDGs. Danone SN Indonesia menerbitkan laporan keberlanjutan setiap dua tahun sekali yang merupakan wujud komitmen perusahaan untuk beroperasi dengan menerapkan standar pelaporan yang transparan atas praktik bisnis berkelanjutan, sekaligus mengupayakan keberlanjutan sesuai dengan visi One Planet One Health dimana perusahaan percaya bahwa kesehatan planet dan kesehatan manusia saling berkaitan. Rating yang diberikan ini menunjukkan bahwa laporan yang dikeluarkan telah sejalan dengan Global Reporting Initiative (GRI) yang merupakan sebuah standar pelaporan yang digunakan secara global di seluruh dunia.

“Kami memiliki keyakinan kuat bahwa kesehatan manusia dan kesehatan planet saling terkait satu sama lain, sehingga kami bertekad untuk melakukan bisnis secara berkelanjutan dan bertanggung jawab. Kami juga menyadari bahwa transparansi akan operasional bisnis kami menjadi hal yang utama. Untuk itu, kami membuat laporan berkelanjutan yang kami luncurkan secara berkala untuk memberikan informasi terkait aktivitas bisnis kami kepada para pemangku kepentingan.  ” jelas Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia dalam keterangan persnya.

Laporan berkelanjutan merupakan kesempatan Danone SN Indonesia menyampaikan tanggung jawab Danone SN Indonesia dalam mewujudkan misi ganda perusahaan yaitu sosial dan bisnis. Melalui laporan keberlanjutan, dapat diketahui kontribusi perusahaan atau organisasi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).  Pelaporan keberlanjutan memberikan pemahaman kepada pemangku kepentingan utama tentang dampak keberlanjutan terhadap kegiatan bisnis utama perusahaan, dan tindakan strategis yang diambil oleh perusahaan dalam menanggapi dampak tersebut.  Dengan demikian, pelaporan keberlanjutan mencerminkan akuntabilitas perusahaan dalam menjalankan urusan bisnisnya secara bertanggung jawab agar para pemangku kepentingan dapat mengevaluasi pelaksanaannya.

“Ketua NCSR, Dr. Ali Darwin mengatakan “Aksi keberlanjutan memerlukan inovasi dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan, dan aksi tersebut perlu diungkapkan dalam laporan keberlanjutan”. Selanjutnya Ali menjelaskan bahwa acara ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah membuat laporan keberlanjutan dan mendorong peningkatan baik kuantitas maupun kualitas laporan yang diberikan oleh perusahaan.”

Prof. Eko Ganis Ph.D, Ketua Dewan Juri ASRRAT 2021 mengatakan bahwa spirit lestari membangun makna hidup dalam bingkai keseimbangan yang baik secara sosial, lingkungan, ekonomi, teknologi dan spiritual. Terkait proses asesmen laporan, Eko menjelaskan “tahun ini, proses penilaian laporan dilakukan oleh 20 orang asesor, yang merupakan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mereka semuanya memiliki kompetensi sebagai asesor karena telah memiliki sertifikat spesialis laporan keberlanjutan yang dikeluarkan oleh NCSR yang disebut Certified Sustainability Reporting Specialist (CSRS). Laporan keberlanjutan Danone SN Indonesia yang disampaikan kepada NCSR disiapkan sesuai dengan Standar GRI, sebuah organisasi standar independen internasional yang membantu bisnis, pemerintah, dan organisasi lainnya untuk memahami dan mengomunikasikan dampak mereka berkaitan dengan isu seperti perubahan iklim, hak asasi manusia, dan korupsi.

Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia 2019-2020

Danone percaya bahwa menyediakan kesehatan melalui makanan adalah tanggung jawab bersama, sejalan dengan tujuan perusahaan dalam menyediakan nutrisi untuk tahapan penting, terutama untuk 1.000 hari pertama awal kehidupan. “Prinsip kami adalah tidak boleh ada anak-anak yang tertinggal di Indonesia karena kurangnya akses terhadap gizi atau pendidikan. Oleh karena itu, kami mendukung perkembangan kesehatan anak melalui pendekatan ilmiah yang merupakan keahlian Danone sejak awal. Kami juga berkomitmen mewujudkan pencapaian SDGs melalui penerapan Danone 2030 Goals yang sejalan dengan pilar-pilar SDGs seperti dalam aspek pemberdayaan masyarakat, zero hunger, aspek lingkungan dsb.” ujar Vera.

Danone melakukan penelitian dan pengembangan untuk memastikan produk-produknya memenuhi kebutuhan gizi ibu dan anak. Pada tahun 2019, Danone meresmikan Danone Nutricia Research Sarihusada R&I Center, sebuah pusat penelitian bertaraf internasional di unit Danone SN Indonesia Yogyakarta. Danone menggandeng beberapa pemangku kepentingan melalui Program Bersama Cegah Stunting serta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah untuk mendorong replikasi program di daerah lainnya.

Pada tahun 2020, pandemi COVID-19 mengubah seluruh elemen kehidupan. Namun seluruh tim Danone tetap bersatu untuk mengatasi seluruh rintangan. “Kami berupaya untuk beradaptasi secara cepat pada situasi pandemi dengan memprioritaskan kesehatan karyawan yang dimulai dengan pembentukan task force, penerapan protokol kesehatan yang ketat, menyediakan bantuan psikologis yang komprehensif bagi karyawan, bekerjasama dengan penyedia layanan telemedicine untuk mememberikan  layanan kesehatan secara lebih dekat kepada karyawan, dan beragam hal lainnya.” Ujar Vera.

Selain itu, untuk membantu mengatasi dampak pandemi di Indonesia, rangkaian kegiatan kontribusi sosial difokuskan untuk membantu kesehatan, pendidikan, dan ketahanan ekonomi masyarakat. Danone bekerja sama dengan mitra retailer mendistribusikan 1.000 laptop kepada anak-anak kurang mampu di 10 kota dan menawarkan dukungan nutrisi untuk 20.000 keluarga pengemudi aplikasi transportasi online yang sangat terpengaruh oleh pandemi.

Komitmen ini sudah sejak lama diterapkan Danone. Maka itu tak heran perusahaan meraih berbagai penghargaan dunia. Pada tahun 2019, Danone Indonesia menerima penghargaan untuk Best Companies to Work for in Asia 2019 yang diselenggarakan oleh HR ASIA.

Keseriusan Danone dalam mewujudkan keberlanjutan pun tercermin dalam salah satu gerakannya, yaitu Preserve and Renew the Planet’s Resources yang merupakan salah satu tujuan Danone dalam Goals 2030. Danone juga turut berpartisipasi dalam program global yaitu penerapan strategi karbon-positif dan target netralitas karbon pada tahun 2050. Dalam hal perlindungan sumber daya alam, Danone SN Indonesia pada tahun 2020 juga telah membuat taman keanekaragaman hayati (Taman Kehati) di dua lokasi yaitu Kampus IPB Dramaga Bogor seluas 14 Hektar dan di Gunung Kidul seluas 10 Ha bekerjasama dengan para mitra.

Danone mempertahankan semangat efisiensi di seluruh rantai pasokan, bekerja keras untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang limbah secara inovatif yang bermanfaat bagi lingkungan di luar kegiatan operasional perusahaan, untuk mendukung gerakan zero waste to landfill. Danone mendukung penghematan air melalui kebijakan Danone Water Policy sebagai komitmen untuk melindungi sumber air, menyediakan ]air dan sanitasi yang bersih dan aman bagi karyawan dan masyarakat. Upaya Danone dalam menjaga efisiensi air dilakukan melalui 3M (Mengurangi, Menggunakan kembali dan Mendaur ulang).

Sedangkan untuk tetap memastikan kualitas udara sesuai dengan baku mutu yang ada, perusahaan melakukan audit kepada seluruh rantai pasokan produk Danone mulai dari Emisi energi GRK tidak langsung proses pengadaan, produksi, hingga distribusi. Danone melibatkan para ahli untuk mengaudit emisi yang dihasilkan perusahaan dan  terus mengevaluasi kinerjanya.

Di samping itu perusahaan juga terus berupaya memberdayakan masyarakat melalui program yang bertujuan untuk mengembangkan kesehatan dan gizi, pendidikan anak usia dini, pengembangan ekonomi lokal, pemberdayaan perempuan, dan bantuan bencana alam. Danone percaya bahwa dengan terus menerus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan gizi, serta memperjuangkan kesetaraan melalui pemberdayaan perempuan dapat berkontribusi pada kemajuan negeri ini. Melalui Program Pencegahan Stunting, Isi Piringku, Generasi Sehat Indonesia (GESID), Taman Pintar, Bunda Mengajar dan Duta 1000 Pelangi merupakan kontribusi Danone untuk mendukung masyarakat.

Vera berharap perjalanan Danone SN Indonesia yang dituangkan dalam laporan berkelanjutan ini dapat menginspirasi bagi internal maupun eksternal, termasuk kepada mitra dan bergabung dengan gerakan untuk masa depan yang lebih baik dan lebih sehat. “Kami akan terus melangkah pada hal baik lainnya untuk menghormati alam, masyarakat, dan kehidupan yang kami miliki melalui produk dan aktivitas bisnis kami Dengan semangat kolaborasi, kami juga berkomitmen untuk melangkah lebih jauh dalam membawa dampak lebih banyak demi terciptanya generasi maju melalui beragam inisiatif dan program kami.,” pungkasnya. (Dini Kurnia)

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU