26 February 2024
HomeLIFESTYLEEnergi Positif bagi Musisi dan Penonton di Festival Pasar Musik 2023

Energi Positif bagi Musisi dan Penonton di Festival Pasar Musik 2023

SHNet, JAKARTA– Festival Pasar Musik 2023 memiliki daya tarik tersendiri. Antusiasme penonton dan ekspresi para musisi yang sangat kuat saling memberikan energi positif di antara mereka saat hadir dalam Festival Pasar Musik di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, yang berlangsung sejak Jumat (10/2) dan berakhir Minggu (12/2).

Kendati hujan sempat mengguyur wilayah Gambir Expo dan sekitarnya, sejumlah artis, antara lain vokalis Grup Band, Radja, Ian Kasela, lalu Ziva Magnolya Muskitta, Virzha dan Ahmad Dhani, mengungkapkan perasaan gembira mereka karena bisa menghibur masyarakat yang hadir di Festival Pasar Musik.

Vokalis Grup Band, Radja, Ian Kasela mengatakan, Festival Pasar Musik memberikan aura positif bagi Radja. Band yang digawangi Ian Kasela (vokalis), Moldy (gitaris), Seno (bassist) dan Adit (drummer) itu tampil atraktif di atas panggung Festival Pasar Musik.

“Kami terpancing energi positif penonton yang semangat. Penonton larut dalam hentakan musik, ikut bernyanyi. Mereka memberikan semangat kepada kami,” jelas Ian Kasela seusai manggung. Ian Kasela yang mewakil Radja, mengucapkan terima kasih lantaran sudah dilibatkan dalam acara Festival Pasar Musik.

“Kami bangga dan mengapresiasi atas digelarnya acara ini. Acara keren ini bisa menjadi wadah bagi para musisi untuk bisa kembali eksis meluapkan hasrat untuk bertemu para fans,” ujar Ian Kasela.

Hal senada diungkapkan Ziva Magnolya Muskitta, juara ketiga dari Indonesian Idol musim Ke-10 pada 2019-2020. Ziva dikenal sebagai penyanyi dengan ciri khas teknik bernyanyi riffs & runs yang dia gunakan dalam kompetisi Indonesian Idol.

“Festival Pasar Musik seru banget. Aku senang bisa hadir di sini, banyak musisi hebat hadir digabung menjadi satu dalam Festival Pasar Musik. Acara ini membangkitkan semangat milenial dan Gen Z,” ujar Ziva yang tampil enerjik.

Bahkan, berkat Festival Pasar Musik, Ziva mengaku, baru kali pertama tampil bersama Tiara Andini. “Di sini, saya kali pertama live bersama Tiara Andini,” tutur Ziva yang baru kali pertama menonton langsung konser di Festival Pasar Musik.

“Terus terang, biasanya setelah konser, saya langsung pulang. Kali ini, saya keliling melihat antusiasme penonton. Pokoknya seru,” tambah Ziva. Sementara itu, Dewa 19 yang sebelumnya menggelar konser  bertajuk Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya di Jakarta International Stadium (JIS), 4 Februari 2023, juga tampil dalam Festival Pasar Musik.

Antusiasme penonton di ajang Festival Pasar Musik 2023 di JI EXPO Kemayoran, Jakarta. (Dok/SHNet).

“Ini penampilan ketiga kami setelah konser Dewa 19 di JIS,” tambah Ahmad Dhani, pentolan Dewa 19. “Festival Pasar Musik seru. Acara ini turut meramaikan panggung musik Indonesia. Apalagi, banyak musik lama yang dikemas menjadi baru. Festival Pasar Musik memiliki euforia tersendiri,” jelas Virzha, vokalis Dewa 19.

Euforia Festival Pasar Musik

Euforia Festival Pasar Musik memiliki kaitan yang erat dengan dunia industri kreatif, serta UMKM. Oleh karena itu, ketiga bidang itu bisa digabungkan dalam sebuah wadah seperti Festival Pasar Musik.

Vokalis Radja, Ian Kasela menambahkan, Festival Pasar Musik turut membangkitkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan peluang bagi para musisi yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Sesuai visi dan misinya, Festival Pasar Musik akan menghidupkan kembali UMKM yang ada di Indonesia. Semoga Festival Pasar Musik bisa terus berjalan dan membangkitkan gairah para musisi, pencinta musik dan UMKM,” tambah Ian Kasela.

“Salah satu alasan kami membuat Pasar Musik adalah menggabungkan Pasar dan Musik. Kami memiliki area pasar malam yang bekerja sama dengan UMKM. Kami berharap UMKM dapat berkembang di event Musik,” kata Head of Marketing sekaligus Business Marketing Director Festival Pasar Musik Jilan Izdihar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jilan menyebutkan, konsep tersebut juga didukung dan diapresiasi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Kami berharap penonton dapat menikmati Festival dengan aman dan nyaman, dan memiliki experience yang memorable saat menghadiri Festival Pasar Musik,” terang Jilan, Minggu, 12 Februari 2023.

Kehadiran Festival Pasar Musik ini diharapkan bisa menjadi teman setia dalam semua lini kehidupan manusia karena musik adalah bahasa abstrak yang mampu menggerakkan emosi manusia.

“Festival Pasar Musik adalah pentas kurasi karya anak bangsa dengan misi menghadirkan musik, seni dan budaya kepada masyarakat. Puluhan ribu pengunjung hadir dalam acara ini,” kata Jilan. (Non)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU