22 May 2022
HomeBeritaInternasionalKBRI Caracas Mainkan Angklung Bersama Orkestra Terbesar Dunia, El Sistema

KBRI Caracas Mainkan Angklung Bersama Orkestra Terbesar Dunia, El Sistema

SHNet, Caracas– Dalam rangka mempromosikan keindahan budaya Indonesia kepada dunia, KBRI Caracas menampilkan persembahan angklung dan kulintang yang dimainkan bersama dengan El Sistema, orkestra terbesar di dunia yang tercatat dalam buku rekor dunia Guinness. Persembahan tersebut dilakukan pada kegiatan Konser Musik ASEAN yang diselenggarakan di el Centro Nacional de Acción Social por la Musica, Caracas, Venezuela, Minggu (8/04/2022).

Penampilan kolaborasi antara KBRI Caracas dengan El Sistema mengundang decak kagum 400 penonton yang hadir dalam acara tersebut. Bersama dengan El Sistema, dimainkan lagu berjudul Venezuela guna menandakan pertukaran budaya dan persahabatan antar kedua negara.

Selain itu, tim angklung dan kolintang KBRI Caracas juga memainkan lagu Manuk Dadali dan Moliendo Café. Moliendo Café merupakan lagu tradisional Venezuela yang juga sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dengan judul Kopi Dangdut. Lagu tersebut pun menjadi penanda bahwa walaupun lokasi kedua negara secara geografis terpisah jauh, namun terdapat lagu yang mempersatukan kedua masyarakat. Seluruh hadirin yang familiar dengan lagu tersebut pun berdendang bersama.

Dubes RI di Caracas, Imam Edy Mulyono, menyampaikan, “Partisipasi KBRI Caracas dalam promosi pariwisata merupakan bagian dari usaha KBRI Caracas untuk memulihkan kembali sektor pariwisata Indonesia yang terkena dampak dari pandemi COVID-19”. Lebih lanjut, Dubes Imam menegaskan, “Promosi ini juga dilakukan untuk meningkatkan citra serta pengetahuan masyarakat Venezuela terhadap Indonesia, serta hubungan dengan Pemerintah Venezuela, mengingat Indonesia kali ini berpartisipasi sebagai tamu kehormatan (guest of honor)”.

KBRI Caracas juga mempertunjukkan keindahan budaya lainnya melalui pameran pojok seni budaya Indonesia, yang secara khusus disambangi oleh Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela, Capaya Rodriguez. Dalam kesempatan tersebut, Rodriguez menyampaikan, “Kami berterima kasih atas peran aktif Indonesia di Venezuela dalam melakukan berbagai promosi penguatan hubungan (kedua negara). Saya yakin kegiatan-kegiatan seperti ini akan berdampak positif kepada hubungan bilateral kedua negara”.

Penghargaan Internasional

Sebagai informasi, El Sistema merupakan orkestra asal Venezuela yang telah mendapatkan berbagai penghargaan internasional. El Sistema mengadopsi motto “Musik untuk Perubahan Sosial”. Pemerintah Venezuela melalui El Sistema memiliki program pendidikan musik klasik secara gratis untuk memberikan kesempatan bagi warganya yang tidak mampu dan menjauhkan mereka dari aktivitas kriminal. Pada tahun 2015, El Sistema telah memiliki 400 pusat musik dan memiliki 700,000 pemusik muda. Selain itu, metode pembelajaran El Sistema juga diadopsi oleh berbagai pusat pembelajaran orkestra, baik di Amerika Serikat maupun Eropa.

Sebagaimana diketahui, Venezuela masih mengalami krisis ekonomi yang salah satunya ditandai dengan terjadinya hiperinflasi. Namun, di tahun 2022 ini, ekonomi di Venezuela berangsur-angsur membaik, bahkan saat ini memiliki tingkat inflasi yang lebih rendah dibandingkan Argentina. Lebih lanjut, Venezuela juga masih memiliki salah satu cadangan energi terbesar di dunia. Oleh karena itu, berbagai kegiatan promosi Indonesia di Venezuela kiranya tetap perlu untuk dilakukan guna meningkatkan citra Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi kerja sama yang besar di berbagai bidang dengan Venezuela. (sur)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU