22 May 2022
HomeBeritaKepala BPIP Fokus Bumikan Pancasila di Tanah Cendrawasih

Kepala BPIP Fokus Bumikan Pancasila di Tanah Cendrawasih

Papua-Setelah memberikan pidato kebangsaan pada kegiatan pembinaan nilai-nilai kebangsaan bagi Bintara Polda Papua Barat, Kepala BPIP RI, Prof. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D, melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Papua, salah satunya untuk menindaklanjuti program Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) bagi TNI/Polri dengan Kodam Cendrawasih, Rabu (26/1/2022).

Prof. Yudian menyampaikan perlunya pembudayaan kembali Salam Pancasila bagi masyarakat bumi cendrawasih. Ia juga menceritakan bagaimana asal muasal Salam Pancasila “Salam Pancasila diperkenalkan oleh Presiden Soekarno sebagai salam nasional dan pemersatu diantara berbagai kelompok bangsa yang beragam. Tata cara salam Pancasila seperti ini, pertama tangan kanan naik setinggi telinga. Kemudian diikuti jari lima bersatu yang maknanya bahwa bangsa Indonesia telah merdeka. Lalu diikuti dengan suara Salam Pancasila!, ” ungkapnya.

Salam Pancasila ditekankannya bukan untuk mengganti salam keagamaan, tetap bermaksud untuk mempersatukan masyarakat. Sehingga diperlukan dorongan oleh semua komponen bangsa termasuk para anggota TNI Kodam Cendrawasih.

Selain mengenalkan Salam Pancasila, Prof. Yudian juga mengajak Pangdam Cendrawasih beserta jajarannya untuk berkolaborasi dalam program-program PIP, khususnya program-program yang menyasar masyarakat Papua secara keseluruhan yang juga menjadikan program PIP menjadi program unggulan antara BPIP RI dengan TNI AD.

Sementara itu, Pangdam Cendrawasih menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Kepala BPIP RI beserta jajarannya yang telah datang jauh-jauh dari Jakarta guna mengajak Kodam Cendrawasih berkolaborasi bersama dalam membumikan Pancasila. “Saya sangat setuju bahwa Pancasila ini harus dibumikan melalui berbagai cara yang memiliki daya tarik bagi masyarakat”, ungkapnya.

Ia menambahkan, peran aktif pemerintah dan adat sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga pemerintah melalui BPIP RI dan Kodam Cendrawasih diharapkan dapat berelaborasi dengan masyarakat adat Papua.

Pangdam Cendrawasih juga mendorong pelaksanaan PIP untuk menggunakan cara-cara baru melalui platform digital. Hal tersebut diafirmasi oleh Romo Benny Susetyo, Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP yang merasakan bahwa digitalisasi telah berdampak besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya adalah produksi informasi yang seringkalk ditentukan oleh kepentingan.

“Hadirnya digitalisasi membuat kepentingan selalu muncul di media sosial. Melalui kepentingan itulah informasi kemudian diputarbalikkan, sehingga fakta dan opini sulit untuk dibedakan”, imbuhnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Plt. Sestama BPIP RI, Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Si siap mendorong penuh program sosialisasi “Salam Pancasila” yang selama ini telah menjadi program prioritas BPIP RI untuk digaungkan kembali di seluruh pelosok negeri. (sp)

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU