29 November 2022
HomeBeritaPariwisataMenparekraf Buka Pekan Olahraga Pariwisata Nasional 2022

Menparekraf Buka Pekan Olahraga Pariwisata Nasional 2022

SHNet, Palembang– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi kegiatan Pekan Olahraga Pariwisata Nasional (Poparnas) 2022 yang diselenggarakan mulai 19 hingga 22 November di Politeknik Pariwisata Palembang.

Kehadiran Poparnas 2022 menjadi ajang atau pesta olahraga yang diperuntukkan bagi mahasiswa pariwisata tingkat nasional di Indonesia. Poltekpar Palembang menjadi tuan rumah pada gelaran Poparnas yang pertama.

(Dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf)

“Poparnas tahun ini kita mulai yang pertama, tapi tahun-tahun ke depan kita akan perluas dengan mengundang Poltekpar swasta yang ada di seluruh wilayah nusantara. Saya juga ingin mengundang dinas-dinas untuk bisa berpartisipasi agar ruang lingkup sport tourism ini bisa lebih besar lagi. Dan kita ingin menghasilkan dampak yang signifikan dari segi ekonomi, sosial budaya dan lingkungan. Karena memang olahragalah yang mampu mempersatukan kita,” kata Menparekraf Sandiaga saat “Opening Ceremony Papornas 2022” di Poltekpar Palembang, Sabtu (19/11/2022).

Penyelenggaraan Poparnas sendiri akan rutin dilakukan setahun sekali dengan tuan rumah berbeda di setiap Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) yang berada dibawah naungan Kemenparekraf. Yakni Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Medan, Poltekpar Lombok, Poltekpar Makassar, Poltekpar Bali, dan Poltekpar Palembang.

(Dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf)

“Pariwisata adalah the business of happiness. Jadi kita harus menghasilkan enjoyment dan kita harus menciptakan keterikatan, engagement, experience dan tentunya pemberdayaaan. Dan mari perhatikan aspek sportivitas, kebersamaan, menjunjung tinggi persatuan, dan dalam bingkai keberagaman Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Sandiaga.

Direktur Poltekpar Palembang, Anwari Masatip menjelaskan, Poparnas 2022 diikuti 385 peserta yang terdiri dari enam PTNP yang ada di bawah naungan Kemenparekraf dan peserta undangan.

Adapun cabang olahraga yang dilombakan yaitu basket, pencak silat, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan e-sport.

“Walaupun ini adalah Poparnas yang pertama, tapi saya yakin bisa menghasilkan kekompakan, sportivitas, dan semangat olahraga yang tentunya bisa membawa kita menjadi lebih maju dan luar biasa di kemudian hari,” katanya.

Turut hadir mendampingi Menparekraf dalam pembukaan Poparnas 2022, Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani; Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhaty; serta para tamu undangan. (Stevani Elisabeth)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU