22 June 2024
HomeBeritaPeringati Hari Bhayangkara ke-78, Polda Kalteng Gelar Lomba Debat Hukum untuk Mahasiswa

Peringati Hari Bhayangkara ke-78, Polda Kalteng Gelar Lomba Debat Hukum untuk Mahasiswa

(Ist)

SHNet, Palangka Raya – Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan lomba debat hukum dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, bertempat di Graha Bhayangkara Mapolda setempat, Rabu (29/5/2024).

Acara tersebut, dibuka langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, didampingi Wakapolda Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.IK., M.Si. dan dihadiri sejumlah pejabat utama Polda, dan para juri.

Sementara untuk peserta lomba dalam debat hukum ini, diikuti sebanyak delapan (8) tim dari perguruan tinggi yang ada di Provinsi Kalteng.

Tim tersebut, diantaranya Universitas Palangka Raya (UPR) A dan B, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Palangka Raya, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP), Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sampit, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, serta Universitas Antakusuma (Pangkalan Bun) dan Universitas Cahaya Bangsa Kapuas.

Adapun tema yang diangkat dalam lomba debat kali ini, adalah “Permasalahan Penegakan Hukum oleh Polri,” dengan fokus isu yaitu ‘Restorative Justice dan Penyebaran Berita Bohong atau Hoaks’.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kalteng menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini dan berharap para peserta bisa mendapatkan pemahaman yang baik tentang hukum.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa dapat menuangkan ide dan gagasan, serta mampu mengeksplorasi isu-isu hukum faktual yang sedang terjadi,” ujarnya.

Lebih dalam, Djoko juga mengungkapkan bahwa Kepolisian mempunyai tiga tugas pokok utama, diantaranya Harkamtibmas, penegakan hukum yang berkeadilan, serta sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Melalui kegiatan lomba debat hukum ini, diharapkan bisa menjadi momen yang bermakna bagi kita semua,” ucapnya.

Sementara itu, Kabidkum Polda Kalteng Kombes Pol Ronny Yulianto, S.IK. menambahkan dalam lomba debat hukum kali ini Universitas Muhammadiyah Palangka Raya berhasil meraih juara I. Sedangkan untuk juara II diraih IAIN Palangka Raya dan juara III diraih UPR.

Ronny juga mengatakan bahwa untuk juara satu nantinya akan diberangkatkan untuk kejuaran lomba debat hukum tingkat nasional di Polda Jawa Timur pada 10 Juni 2024 mendatang, sebagai perwakilan dari Polda Kalteng.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, harapannya kemenangan yang sudah diraih bukanlah akhir dari segala galanya. Tetap semangat untuk menghadapi perlombaan kedepannya,” tutupnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut penyerahan piala kepada para pemenang lomba diserahkan langsung Kabidkum mewakili Kapolda Kalteng. (mayhan)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU