30 January 2023
HomeBeritaSoal Gubernur Papua, Presiden: KPK Pasti Punya Bukti

Soal Gubernur Papua, Presiden: KPK Pasti Punya Bukti

Jakarta-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa proses hukum yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilakukan berdasarkan fakta dan bukti.

Hal tersebut disampaikan dalam keterangannya usai menghadiri acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada Selasa (10/01/2023).

“Saya kira kalau KPK menangkap itu pasti sudah punya fakta, barang bukti yang ada itu pasti,” tegasnya.

Kepala Negara mengungkapkan hal tersebut sebagai respons atas penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe yang terjerat kasus korupsi.

Selain itu, Presiden juga kembali menegaskan bahwa semua warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan harus menghormati segala proses hukum yang berlaku.

“Ya semua sama di mata hukum, itu kan proses penegakkan hukum yang harus kita hormati,” ujar Presiden.

Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya, Gubernur Papua itu ditetapkan sebagai tersangka.

Perihal penangkapan itu dibenarkan Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri. “Iya (diamankan),” ujar Irjen Mathius D Fakhiri dikutip detiksulsel.com, Selasa (10/1/2022).

Lukas Enembe dibawa ke Brimob Polda Papua, hari ini. Lukas Enembe langsung dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan intensif.

Lukas Enembe ditetapkan tersangka di KPK sejak 5 September 2022. Gubernur Papua ini ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas kasus dugaan suap dan gratifikasi Rp 1 miliar.

Harta kekayaan Lukas Enembe juga menjadi sorotan. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetorkan pada 31 Maret 2022/periodik 2021, Lukas Enembe memiliki total kekayaan senilai Rp 33.784.396.870.(sp)

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU