16 July 2024
HomeBeritaDesa Genilangit Keindahan Tersembunyi di Gunung Lawu

Desa Genilangit Keindahan Tersembunyi di Gunung Lawu

SHNet, Jakarta –   Desa Genilangit tersembunyi di lereng Gunung Lawu, Desa ini punya pemandangan alam yang menawan. Desa yang berada di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ini menyuguhkan pemandangan alam luar biasa.

Untuk mencapai  desa yang  berhasil menjadi finalis pada ajang Desa Wisata Awards 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini  bisa ditempuh perjalanan sekitar satu jam dari Kota Magetan.  Akses jalan menuju desa ini sebagian besar sudah beraspal. Medan yang naik turun dan jalan menyempit menjadi tantangan bagi siapa yang ingin berwisata ke desa ini.

Desa Genilangit ini sebelumnya hanya sebuah desa seperti pada umumnya, desa yang hening dan sepi. Mata pencaharian masyarakat sekitar sebagai petani, pencari rumput, pedagang pasar, angon hewa

Menurut laman resmi Pemda Kabupaten Magetan, Desa Wisata Genilangit masuk dalam kategori Desa Wisata Berbasis Alam. Proses penjurian rencananya digelar secara virtual atau daring pada tanggal 6-7 Juli 2021.

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang digelar Kemenparekraf menjadi salah satu cara untuk memulihkan perekonomian Indonesia, khususnya di sektor pariwisata.

Bertema Indonesia Bangkit ajang anugerah tersebut memiliki tujuh kategori kontes. Yakni Kontes Homestay; Kontes Toilet atau Kamar Kecil; Kontes CHSE; Kontes Desa Digital; Kontes Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya); Kontes Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan); dan Kontes Konten Kreatif.

Dengan program desa wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi potensi desa–desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain itu juga menambah jumlah desa yang masuk dalam kualifikasi desa wisata. Serta menginspirasi kualifikasi baru standar internasional sebuah desa wisata.

Terdapat 10 tempat menarik yang masuk dalam penilaian dan bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata Genilangit, yakni  atraksi perahu karet, river tubing, Taman Wisata Genilangit, Highland Wonomulyo, spot swafoto, outbound, Bukit Sekudi Wonomulyo, Camping Ground Genilangit, Atraksi Sahabat Fauna, dan Wahana tangkap kelinci.

Di desa ini terdapat air terjun Tirtosari yang menjadi andalan utama wisata di Desa Genilangit ini. Air terjun yang keren, derasnya air dari pegunungan, pemandangan sekitar dengan cuaca dibawah 20 derajat bikin wisatawan semakin betah berlama lama di Air Terjun Tirtosari.

Kita juga bisa merasakan kabut di saat siang hari, ataupun jika cuaca mendung. Kita juga bisa merasakan cuaca kabut sepanjang hari. Di sekitaran Air Terjun Tirtosari juga terdapat masyarakat sekitar yang menjajakan dagangan mereka, seperti kopi, teh, mie rebus, dan  soto. (Victor)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU