23 May 2024
HomeBeritaGaruda Muda Ancaman Baru di Asia

Garuda Muda Ancaman Baru di Asia

SHNet, Jakarta – Tim nasional (timnas) Garuda Muda sudah mengepakkan sayapnya untuk terbang tinggi di kancah sepakbola Asia.

Sebagai debutan di kejuaraan sepakbola Asia U-23 yang berlangsung di Qatar, pasukan yang diarsiteki Pelatih Kaliber Dunia, Shin Tae- yong, telah memberi pesan kepada tim-tim tangguh Asia bahwa Rizky Ridho dkk bakal jadi ancaman dan batu sandungan di kejuaraan yang bermuara tiket ke jenjang Olimpiade.

Pasukan Shin Tae -yong yang akrab disapa STY ini dengan kerja keras dan permainan apiknya tak tanggung-tanggung menghempaskan tim unggulan Australia 1-0 dan membantai tim urutan 70-an ranking FIFA dengan skor telak 4-1, di babak penyisihan grup A Piala Asia U-23.

Dengan hasil itu, Timnas Garuda Muda mengantongi tiket runner up Grup dan berhasil memenuhi target melaju ke babak delapan besar. Ini bukti kedigdayaan Marcelino dkk dan sekaligus memberi peringatan bahwa mereka menjadi ancaman dan kekuatan baru di kancah sepakbola Asia.

Permainan apik dan ketangguhan pertahanan Rizky Ridho dkk serta ramuan taktik dan strategi yang jitu dari tim pelatih yang dikomandoi STY menjadi topik pembicaraan kalangan perserta sepakbola Asia yang berlaga di Piala Asia U 23.

Bahkan tak ketinggalan media internasional mengamati kekuatan timnas Garuda sebagai debutan yang menjadi ancaman di Asia.

Seperti yang dikatakan pelatih Yordania, para pemain Jepang, serta Pelatih Australia dan Pelatih Korea, setelah menyaksikan penampilan Timnas Garuda, mereka kagum dan tak menyangka permainan apik Rizky Ridho dkk.

Mereka menilai bahwa Garuda sebagai debutan di Piala Asia U -23 bakal jadi ancaman di Asia.
Pelatih Korea Selatan, Hwan Sun – hong mengakui kalau pasukan diasuh STY bukan lawan yang mudah.

” Persaingan nyata dimulai dari sekarang. Indonesia bukan lawan yang mudah, ujar Sun- hong seperti dilansir media Korea Selatan, Newsis.

” Saya terkejut melihat pertandingan Indonesia vs Yordania. Karena Pelatih STY menciptakan tim yang bagus. Ini adalah tim yang bagus. Mereka menunjukkan performa yang baik. Tim ini bisa menang jika mereka waspada dan siaap,” tambah Sun -hong memuji.

Sementara media Prancis, Lucarne-Opposee melabeli Timnas Indonesia sebagai tim yang sangat berpotensi dapat mengganggu kiprah tim lainnya di gelaran Piala Asia U-23 di Qatar.

Media asal Prancis itu yakin Pelatih STY tahu cara terbaik untuk menciptakan kejutan dalam debut Garuda di turnamen bergengsi ini.
Sedangkan Pelatih Yordania, Abdullah Abu Zema kepada wartawan mengatakan Timnas Indonesia tampil luar biasa dan layak memenangkan pertandingan.

“Mereka memainkan pertandingan yang luar biasa dan pantas menang. Kami memang layak kalah. Kami mengucapkan selamat kepada tim Indonesia ,” ujarnya.

Terlepas dari kekaguman itu, timnas Garuda Muda sudah membuat sejarah di kawasan Asia, dari awalnya dipandang sebelah mata hingga diacungi.jempol atas penampilan dan permainan impressif Marcelino dkk, yang dari pertandingan satu ke pertandingan lainnya di penyisihan grup A mengalami peningkatan dan perbaikan, kepercayaan diripun makin mantap.

Ditambah pula taktik dan strategi jitu dari STY dan dijalankan penuh disiplin para pemain, menjadi sebuah kekuatan yang merepotkan lawan.

Nah, kali ini akankah tim asal negara STY yang menjadi korban yang ketiga dari Rizky Ridho dkk di babak delapan besar dengan sistem gugur? Kita tunggu partai, Kamis 25 April . (Eddy Lahengko)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU