20 April 2024
HomeBeritaHadirkan Pembicara dari Singapura, ATVI Gelar Workshop “Business Drivers-Why Move From SDI...

Hadirkan Pembicara dari Singapura, ATVI Gelar Workshop “Business Drivers-Why Move From SDI to IP”

SHNNet,Jakarta-Mencermati perkembangan teknologi terkini, khususnya di bidang streaming media, Akademi Televisi Indonesia (ATVI) menggelar workshop dan pelatihan mengenai Media Over IP dengan tema “Business Drivers-Why Move From SDI to IP” yang menghadirkan trainer dan praktisi dari Imagine Communication Singapore  di kampus ATVI,  kawasan Emtek City, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (13/03/2024).

Acara workshop yang dibuka Direktur ATVI, Dr. Melitina Tecoalu, SE, MM, ini   dalam rangka mengenalkan alat broadcast modern ke mahasiswa dan umum. Pihak yg menjadi pemateri adalah dari Imagine Communication, dari Singapura, Ng Yean Tat.

Dalam paparannya, Ng Yean Tat, perwakilan dari Imagine Communication, menyatakan bahwa di era streaming sekarang, kebutuhan industri media memang mengarah ke distribusi media via IP sehingga mengurangi kebutuhan akan banyak peralatan broadcast dan satelit yang mahal.

workshop dan pelatihan mengenai Media Over IP dengan tema “Business Drivers-Why Move From SDI to IP”

Kegiatan workshop yang dihadiri mahasiswa dan dosen ATVI ini,  juga diikuti oleh beberapa praktisi penyiaran dari berbagai industri media dan IT seperti dari Indosiar, TVRI dan Multipolar. Para peserta dengan antusias menyimak penjelasan mengenai perangkat terkini di bidang streaming media, dimana di era sekarang peralatan penyiaran semakin berkonvergensi dengan perangkat teknologi informasi seperti router dan encoder.

Konvergensi ini membuka peluang baru dalam content delivery yang memerlukan pengiriman audio video secara real time, dengan kualitas sangat tinggi dan latensi yang sangat minimal, melalui jaringan IP sehingga bisa menyederhanakan peralatan dan sistem perkabelan.

Dosen ATVI, trainer dan praktisi dari Imagine Communication Singapore, usai workshop, di kampus ATVI, kawasan Emtek City, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (13/03/2024).

Peralatan utama yang diperagakan dalam sesi workshop ini adalah Selenio Network Processor, sebuah perangkat high-end yang mampu mengubah sinyal digital video via kabel SDI, menjadi data melalui IP sehingga bisa menjadi solusi dalam mengatasi kendala distribusi video audio dalam jarak yang jauh.

Di akhir sesi, para peserta dari mahasiswa ATVI dan dari praktisi penyiaran diberikan kesempatan untuk mencoba langsung peralatan yang didemokan sehingga bisa lebih merasakan kecanggihan teknologi media over IP ini. (sur)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU