26 June 2024
HomeNusantaraKehadiran PLN Hub Perkuat Pusat Data Nasional di IKN

Kehadiran PLN Hub Perkuat Pusat Data Nasional di IKN

SHNet, IBU KOTA NUSANTARA – Keberlangsungan Pusat Data Nasional (PDN) atau National Data Center di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan diperkuat oleh kehadiran PLN Hub. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi, menjelaskan kalau PDN membutuhkan infrastruktur kelistrikan yang mumpuni.

“Hari ini dilakukan groundbreaking PLN Hub, yakni nantinya PLN Hub ini merupakan seluruh ekosistem kelistrikan di Nusantara. Termasuk, infrastruktur telekomunikasi dan infrastruktur digital ini diwujudkan,” jelas Budi Arie saat wawancara media groundbreaking PLN Hub di Penajam Paser Utara (5/6/2024).

Kehadiran PLN Hub di IKN tersebut menurut Budi, akan menopang tak hanya untuk infrastruktur energi terbarukan yang akan digunakan di IKN, namun juga memegang peranan penting untuk keberlangsungan PDN. Diketahui bahwa terdapat tiga PDN yang dibuat di Indonesia, yakni berlokasi di IKN, Cikarang, dan Batam.

“Karena dari tiga rencana pembangunan Pusat Data Nasional atau National Data Center, salah satunya di IKN. Dan yang namanya data center ini butuh listrik, sehingga sangat baik sekali untuk mendukung infrastruktur dan pengoperasian PDN di Nusantara,” tambah Arie.

Sejalan dengan hal tersebut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa dukungan bagi PDN merupakan bagian dari tanggung jawab PLN Hub sebagai ekosistem kelistrikan. “Ini adalah suatu state of the art of digital system, nantinya juga akan ada data center di mana PLN siap untuk memberi pasokan listrik yang andal dan ramah lingkungan,” jelas Darmawan.

Kehadiran PLN Hub sebagai ekosistem kelistrikan, akan memfasilitasi infrastruktur dan energi yang ramah lingkungan di IKN. Selain menghadirkan teknologi yang terdepan, PLN Hub juga akan tetap memperhatikan aspek lingkungan dan estetika.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penugasan kepada PLN menjadi bagian terintegrasi untuk membangun ekosistem kelistrikan di IKN lewat PLN Hub. Jadi, ekosistem kelistrikan akan berpindah ke IKN. Salah satu tugas kami adalah membangun ekosistem kelistrikan yang tidak hanya smart dan green, tapi juga beautiful,” ujar Darmawan. (Non)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU