22 May 2024
HomeBeritaPariwisataKemenparekraf Fasilitasi Vaksinasi COVID-19 di Biak Numfor

Kemenparekraf Fasilitasi Vaksinasi COVID-19 di Biak Numfor

SHNet, Biak Numfor – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan fasilitasi vaksinasi COVID-19 di Biak Numfor, Papua, yang diperuntukkan bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat umum sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi.

Fasilitasi sentra vaksinasi di Kabupaten Biak Numfor berlangsung pada tanggal 9 hingga 10 Desember 2021 di Distrik Swandiwe, Biak Barat, Biak Numfor, Papua, dengan menyiapkan 1.000 dosis vaksin. Sentra Vaksinasi ini merupakan hasil kolaborasi dari Pemerintah Kabupaten Biak Numfor didukung penuh oleh Kemenprekraf/Baparekraf bersama TNI, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), Homecare 21, dan Antis.

Selain itu Kemenparekraf/Baparekraf juga menyiapkan paket sembako untuk masyarakat yang divaksin.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu, dalam keterangannya, Minggu (12/12/2021), menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Biak Numfor yang berkomitmen dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya dengan melakukan akselerasi vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi di Biak Numfor. (Dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Vaksinasi merupakan salah satu pilar dalam upaya menekan angka penyebaran COVID-19 sehingga akan berdampak pada kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

Dukungan sentra vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan kerja Bupati Biak Numfor beserta jajarannya ke Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta pada pertengahan November 2021.

“Dukungan Sentra Vaksinasi di Biak Numfor ini merupakan komitmen Kemenparekraf dalam mendukung pariwisata dan percepatan vaksinasi di Papua, khususnya di DPP Biak – Teluk Cendrawasih,” ujar Vinsensius Jemadu.

Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Henky Manurung menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Homecare 24 dan Antis untuk Kabupaten Biak Numfor. Ia mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi agar destinasi dan sektor-sektor yang terlibat didalamnya lebih siap untuk kembali menerima wisatawan dan industri kembali berjalan, membuka lebar lapangan pekerjaan.

“Kolaborasi akan terus kami lanjutkan dalam mendukung sentra vaksinasi di Indonesia, semoga dukungan dari berbagai pihak akan bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Henky.

Direktur Pengembangan Destinasi II, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan mengapresiasi langkah Kabupaten Biak Numfor yang sangat semangat mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dukungan sentra vaksinasi ini akan memperkuat kesiapan destinasi di Biak Numfor.

“Dukungan Sentra Vaksinasi yang diberikan oleh Kemenparekraf merupakan aksi nyata dan gerak bersama dalam mendukung Inpres No.9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat,” ujar Wawan.

Wawan juga memuji kedisiplinan masyarakat Biak Numfor dalam menjaga kualitas dan keberlanjutan lingkungan daerahnya. Selama perjalanan menuju lokasi sentra vaksinasi, ia hampir tidak menemukan sampah berserakan yang artinya Biak Numfor memiliki kampung dan distrik yang sangat bersih. Hal ini tentu menjadi modal dasar, dimana kesadaran masyarakat akan kebersihan sangat tinggi sejalan dengan konsep Sapta Pesona.

“Sepanjang perjalanan saya tidak melihat sampah yang berserakan, Kampung dan Distrik di Biak Numfor sangat bersih, hal ini dapat menjadi potensi kampung wisata bersih, dan ada peluang mengajukan dalam ajang lomba kebersihan tingkat nasional dan internasional, siapa tahu kedepannya di Biak Numfor ada distrik terbersih tingkat dunia, khususnya kampung wisata terbersih,” ungkap Wawan.

Lebih lanjut Wawan mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkomitmen mendukung Pengembangan Destinasi di Biak Numfor sejalan dengan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024 Destinasi Pariwisata Pengembangan (DPP) Biak – Teluk Cendrawasih. Sesuai dengan arahan Menparekraf Sandiaga Uno, pengembangan dilakukan dengan mengedepankan inovasi, adaptasi dan KolaborAksi dengan spirit Geber, Gercep dan Gaspol.

Ditemui terpisah, Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor, Onny Dangeubun dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor, Yubelius Usior mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno atas dukungan Sentra Vaksinasi yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ia mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor kini juga tengah fokus mempersiapkan event internasional Sail Teluk Cendrawasih yang akan berlangsung pada tahun 2023.

“Kami Pemda Biak Numfor berkomitmen kuat untuk menjadikan Pariwisata Biak semakin mendunia dengan event Sail Teluk Cendrawasih 2023. Kami berharap dukungan Kemenparekraf akan terus mengalir untuk sektor Pariwisata Biak Numfor,” ujar Herry. (Stevani Elisabeth)

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU