22 May 2022
HomeBeritaInternasionalKhidmatnya Suasana Shalat Idul Fitri Masyarakat Indonesia di Slowakia

Khidmatnya Suasana Shalat Idul Fitri Masyarakat Indonesia di Slowakia

SHNet, Bratislava-Mempertimbangkan perkembangan situasi terkini dan aturan yang berlaku, KBRI Bratislava di Slowakia menyelenggarakan rangkaian kegiatan perayaan hari raya Idul Fitri pada hari Senin, (2/5/2022).

Pada tahun 2022 ini masyarakat Indonesia di Slowakia akhirnya dapat merayakan Idul Fitri dengan situasi yang aman, dan tanpa pembatasan sosial, setelah lebih dari 2 (dua) tahun hidup di tengah pandemi global. Bahkan, sejak 21 April lalu, kewajiban menggunakan masker di dalam dan luar ruangan telah dicabut.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 70 orang masyarakat, diaspora, dan sahabat Indonesia dari yayasan Islam yang ada di Slowakia ini diawali dengan ibadah Shalat Idul Fitri berjamaah di kantor KBRI. Mengingat Islam bukan merupakan agama resmi yang tercatat di Slowakia, maka hingga saat ini belum terdapat Masjid di Slowakia. Satu-satunya Lembaga Islam yang menyelenggarakan Shalat Idul Fitri berjamaah di kota Bratislava adalah Islamic Foundation Slovakia yang memiliki tempat ibadah yang dinamakan the Islamic Centre of Cordoba.

Para tamu undangan juga tak lupa melakukan jabat tangan saling memohon maaf satu sama lain dan diakhiri dengan santap siang bersama. Momen Lebaran bersama KBRI ini cukup dinantikan oleh masyarakat Indonesia di luar negeri, khususnya di Slowakia yang jumlah penduduk Muslimnya hanya sekitar 4.000 orang.

Usai menunaikan Shalat Idul Fitri, KBRI mencoba menghadirkan hangatnya suasana Lebaran dengan menyajikan hidangan dan kue kering khas Lebaran tanah air agar dapat menjadi pengobat rindu kampung halaman bagi banyak WNI yang sudah lama tidak pulang ke Indonesia, terutama karena pandemi.

Hidangan seperti lontong sayur, opor ayam, rendang, sampai cendol sangat digemari para tamu undangan. Bukan hanya bagi lidah Indonesia, tetapi juga bagi para warga Slowakia yang turut hadir siang itu. Imam Islamic Centre of Cordoba, Muhamad Safwan Husna, beserta keluarga memuji hidangan yang disiapkan.

Pada sambutannya, Dubes RI untuk Slowakia, Pribadi Sutiono, menyampaikan puji dan syukur mengingat tahun ini kegiatan Idul Fitri di Slowakia dapat dilaksanakan secara normal, tanpa kewajiban menggunakan masker ataupun pembatasan sosial lainnya.

“Kehadiran masyarakat dan Diaspora Indonesia di Slowakia yang hari ini menjadi keluarga besar kami di Slowakia, telah mengobati rindu kami akan hangatnya Lebaran bersama keluarga,” ujar Dubes Pribadi yang baru memulai penugasan di Slowakia pada awal Desember lalu ini.

Selain itu, Dubes RI juga menyampaikan harapan agar keluarga besar komunitas Indonesia di Slowakia tetap dalam lindungan Tuhan YME dan terhindar dari segala mara bahaya.

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU