22 October 2021
HomeBeritaKopi Indonesia Hadir di Festival Kopi Terbesar Austria

Kopi Indonesia Hadir di Festival Kopi Terbesar Austria

SHNet, Wina-Kopi Indonesia dalam berbagai jenis telah hadir meramaikan festival kopi terbesar di Austria, Vienna Coffee Festival (VCF) 2021 yang berlangsung di kota Wina pada tanggal 8 – 10 Oktober 2021. Cita rasa kopi-kopi Indonesia yang unik dan khas telah menarik minat banyak pengunjung.

Ketertarikan tinggi pada kopi Indonesia dapat dilihat pada tingginya tingkat kehadiran pengunjung di stand Indonesia dan pada sesi cupping yang secara khusus mempresentasikan kekhasan cita rasa dan keragaman kopi Indonesia mulai dari Gayo, Luwak, Mandailing, Toraja, Papua, Papandayan dan Ruteng.

“Saya sangat menyukai kopi Indonesia karena sangat beragam dan memiliki cita rasa yang khas“, komentar salah satu pengunjung stand dan sesi cupping kopi Indonesia pada VCF 2021.

VCF merupakan salah satu pameran kopi tahunan terbaik di kawasan Eropa. Festival ini mampu menarik sekitar 12.000 pengunjung yang berasal dari Austria dan negara-negara tetangga seperti Slowakia, Hungaria dan Ceko. Festival ini diikuti oleh sekitar 30 ekshibitor dari berbagai negara di Eropa termasuk perusahaan kopi dan kafe terkemuka seperti Julius Meinl, Costa Coffee, De’Longhi dan LaVazza.

Vienna Coffee Festival merupakan forum promosi yang strategis karena mempertemukan importir, pengusaha, pemilik kafe, barista serta penikmat kopi di Austria dan sekitarnya. KBRI Wina secara konsisten terus berkiprah di festival tahunan ini guna mendorong peningkatan ekspor kopi Indonesia ke Austria”, kata Kuasa Usaha Sementara KBRI Wina, A. Alfiano Tamala.

Alfiano juga menambahkan bahwa kopi Indonesia merupakan produk yang memiliki nilai ekspor tinggi di Austria mengingat Austria memiliki tradisi minum kopi yang telah berlangsung ratusan tahun dan juga termasuk salah satu negara dengan rasio konsumsi kopi tertinggi di Eropa. Berdasarkan survei lembaga MindTake Research, 92 persen orang Austria adalah peminum kopi, dan tiga perempat di antaranya meminum satu atau lebih cangkir setiap hari.

Pada VCF tahun ini, KBRI Wina menghadirkan berbagai produk kopi organik Indonesia yang diproduksi dengan prinsip fair trade melalui kerja sama dengan perusahaan kopi Indonesia, Kopi Ketjil. Dalam penyajiannya, KBRI Wina juga bekerja sama dengan perusahaan roasting kopi setempat Wiener Rösthaus

VCF 2021 digelar dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dimana pengunjung diharuskan memenuhi syarat telah vaksinasi, sembuh dari Covid-19 atau memiliki hasil tesPCR negatif. (sur)

 

 

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU