27 January 2022
HomeBeritaKesraMembahagiakan Anak-anak melalui Peringatan Hari Dongeng Nasional

Membahagiakan Anak-anak melalui Peringatan Hari Dongeng Nasional

SHNet, Jakarta-Kemeriahan peringatan Hari Dongeng Nasional terpancar di wajah anak-anak dan remaja, serta sejumlah ibu-ibu yang hadir di Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita, tempat acara berlangsung yang beralamat di JalanBukit Duri Tanjakan III/8, Tebet Jakarta Selatan, akhir pekan ini

Tawa riang anak-anak dan remaja kerap pecah di tengah pendongeng  yang tampil atraktif menyuguhkan cerita yang dekat dengan keseharian anak-anak. Sesekali, teka-teki atau kuis yang mesti dijawab, menjadi rebutan hadirin untuk berlomba mengangkat tangan untuk menjawab lebih dulu. Setiap kuis yang dijawab benar, panitia memberikan semacam hadiah kecil.

Suasana Sabtu siang itu benar-benar mencerminkan keriangan anak-anak dan remaja, sesuai dengan dengan tema Peringatan Hari Dongeng Nasional yakni “Membahagiakan anak-anak lewat dongeng “.

Sehari sebelumnya, anak-anak yang biasa belajar dan beraktivitas di Taman Bacaan Masyarakat (TMB) Bukit Duri Bercerita mengikuti lomba membaca buku atau dongeng. Ini ajang melatih keberanian untuk berani tampil di hadapan teman-temen sendiri. Empat pembaca buku/dongeng terbaik diberikan hadiah pada saat acara peringatan Hari Dongeng.

Dalam memperingati Hari Dongeng Nasional yang biasa dirakayakan setiap tanggal 28 November ini (diambil dari tanggal kelahiran sosok pendongeng terkemuka yang multi talenta, drs. Suyadi yang akrab disapa Pak Raden), TBM Bukit Duri Bercerita berkolaborasi dengan Kampng Dongeng Jakarta Selatan, TBM DKI Jakarta, Karang Taruna Kelurahan Bukit Duri, Komunitas Sedekah Mainan, dan dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI).

Pendiri TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih mengatakan, kegiatan dongeng memberikan banyak imajinasi untuk tumbuh kembang anak. Lewat dongeng anak-anak dapat bersemangat dalam dalam mengembangkanbakat dan cita-citanya.

“Dalam peingatan Hari Dongeng ini saya berharap anak-anak berbahagia lewat hadirnya TBM-TBM di seluruh Indonesia. Dengan TBM bisa menjadi sarana belajar anak anak,” ujar Safruningsih yang biasa disapa Kak Ning Nong itu.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Bukit Duri, Rizky Adriansyah Putra yang hadir bersama sejumlah pengurus Karang Taruna mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan peringatan Hari Dongeng Nasional yang diselenggarakan di TBM Bukit Duri Bercerita.  Dirinya juga gembira karena banyak sekali anak-anak remaja, dan juga ibu–ibu yang hadir mengikuti acara.

“Kami dari Karang Taruna ingin terus menjalin kerja sama dengan TBM Bukit Duri Bercerita, karena keberadaan wadah TBM di Bukit Duri, bermanfaat bagi anak-anak dan remaja. Mereka bisa belajar dan bermain secara positif,” kata Rizky sambil menambahkan bahwa dalam waktu dekat akan merencanakan program sinergi bersama TBM Bukit Duri Bercerita.

Sementara KetuaTBM DKI Jakarta, Yudy Hartanto mengatakan, peringatan Hari Dongeng Nasional ini sangat penting dan relevan dalam situasi masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja yang sangat gandrug dengan gawai dan media sosialnya.

“TBM DKI Jakarta akan mendukung setiap acara dna kegiatan yang terkait dengan peningkatan minat baca, semangat meraih motivasi dan kemajuan,” ujar Yudy yang juga menceritakan kenapa Hari Dongeng diperingati setiap tahunnya.

Dalam peringatan Hari Dongeng ini, para pendongeng dari Kampung Dongeng Jakarta Selatan, antara lain Kak Riza, Kak Yanti, Kak Desi, Kak Ning, Kak Mini, Kak Suci, Kak Barir,  dan Kak Tiiti,silih berganti mengisi acara dengan doengan dan ice breaking yang membuat anak-anak gembira.

Mewakili ATVI, ada Kak Teguh Setiawan yang menilai acara seperti ini sangat menggugah anak-anak untuk mau bercerita dan mendongeng. ”Ini sangat bagus untuk mengurangi ketergantungan pada gawai,” kata Teguh yang ikut mendokumentasikan kegiatan yang sangat positif ini. Adapun Puncak acara diisi dongeng oleh Kak Agus DS dan bonekanya  dengan penampilan yang sangat menghibur dan mendidik.

Pendongeng nasional, Agus DS, ikut mengisi acara dalam peringatan Hari Dongeng Nasional di Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita, kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (27/11).

Memasyarakatkan Dongeng

Sementara itu Ketua Kampung Dongeng Nasional, Kak Awam Prakoso, dalam sambutan tertulisnta mengatakan, dalam rangka memeringati Hari Dongeng Nasional 28 November 2021, Kampung Dongeng sebagai komunitas yang konsisten memasyarakatkan dongeng dan melakukan pendampingan terhadap anak-anak, kembali menyelenggarakan Festival Hari Dongeng Nasional dalam skala terbatas daring dan luring.

Untuk mengakomodir anak-anak dan keluarga Indonesia yang tidak dapat mengikuti kegiatan secara luring, Kampung Dongeng menyiapkan Acara Puncak Festival Hari Dongeng Nasional yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada Minggu, (28/11) mulai pukul 13.00 WIB-selesai. Peserta dapat mengikuti acara tersebut melalui link https://bit.ly/zoomfestivalhdn

Kak Awam dan para pengurus Kampung Dongeng di seluruh Indonesia berkomitmen melaksanakan Festival Hari Dongeng Nasional setiap tahun. Selain bertujuan untuk memberikan kebahagiaan dan keceriaan bagi anak-anak, juga sebagai gerakan untuk mengingatkan pemerintah agar segera menetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Dongeng Nasional, “Dongeng itu penting untuk masa depan anak dan kita harus memberikan ruang bagi anak-anak untuk mendapatkannya. Karena Anak Indonesia Berhak Berbahagia,” tutup Kak Awam Prakoso sebagai Ketua Umum. (sur)

 

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU