1 March 2024
HomeBeritaPariwisataMenparekraf: Masjid Al Irsyad Ikon Wisata Religi di KBB

Menparekraf: Masjid Al Irsyad Ikon Wisata Religi di KBB

SHNet, Padalarang– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi keberadaan Masjid Al Irsyad di Kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, yang tidak hanya sebagai sarana ibadah tapi juga destinasi unggulan wisata religi di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga saat singgah melaksanakan salat Zuhur di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jawa Barat, Kamis (14/12/2023).

Menparekraf Sandiaga mengatakan daya tarik dari masjid ini tidak lepas dari arsitektur masjid hasil karya mantan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

(Dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf)

“Masjid Al Irsyad Ikon wisata religi di KBB ini didesain oleh sahabat kita kang Emil (Ridwan Kamil), dan uniknya masjid ini tidak ada kubahnya namun super keren dari segi desain dan kita bisa nikmati pengalaman yang unik, lain daripada yang lain saat salat di sini,” ujar Sandiaga.

Bentuk masjid yang diresmikan pada tahun 2010 ini terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka’bah yang berbentuk kotak.

Keunikan lain masjid berkapasitas 1.500 jemaah ini juga bisa dilihat dari dinding masjid. Kisi-kisi dinding masjid ini dibuat dengan susunan bata bolong yang membentuk dua kalimat syahadat dalam huruf arab.

“Karena pemandangannya di sini luar biasa. Biasanya masjid-masjid itu tidak ada view-nya tertutup tembok semua, di sini depan tempat imam ada kaligrafi Allah di atas kolam air, view-nya terbuka, super keren,” ujarnya.

Menparekraf kemudian mengajak wisatawan untuk dapat singgah dan merasakan langsung berbagai keunikan dari masjid ini.

“Silakan datang untuk menikmati sensasi salat dengan view yang luar biasa. Ini yang disebut konsep tadabbur alam, beribadah sekaligus memuliakan sang pencipta alam. Ini yang ingin kita kembangkan juga,” ujarnya. (Stevani Elisabeth)

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU