30 January 2023
HomeBeritaPerancis, Brasil, Portugal, Inggris ke 16 Besar Piala Dunia Qatar

Perancis, Brasil, Portugal, Inggris ke 16 Besar Piala Dunia Qatar

Jakarta-Perancis, Brasil dan Portugal dan Inggeris memastikan diri lolos ke babak  16 besar Piala Dunia Qatar yang menggunakan sistem gugur.

Sementara tim-tim yang lainnya masih harus bekerja keras melakoni partai terakhir  penyisihan grup, yang masing grup dipentaskan dalam waktu dan jam yang sama di lain stadion.

Partai yang dilagakan dalam waktu yang sama ini  di masing masing grup  dimaksud untuk menghindari masalah  non teknis saja, misalnya adanya permainan mata jika partai dipentaskan dengan waktu yang berbeda, karena adanya persaingan yang ketat untuk meraih tiket ke babak selanjutnya.

Selasa ini (29/11) di grup A , pukul 22.00 WIB  dipentaskan pertandingan antara Belanda vs tim tuan rumah yang sudah tersingkir, Qatar dan Equador vs Senegal. Sementara di grup B, ditarungkan pada 30 November subuh, pukul 02.00 WIB, antara Iran vs Amerika Serikat dan Wales vs Inggeris.

Pertandingan terakhir babak penyisihan grup B ini akan berlangsung ketat, karena dua tim, Iran dan AS sama-sama berpeluang untuk menggengam tiket ke babak selanjutnya. Kecuali Inggeris yang sudah memastikan lolos. Dan Wales peluangnya sudah terkubur menyusul Qatar.

Jadi pertandingan malam nanti dan Rabu  subuh adalah partai hidup- mati dan masing-masing tim yang berhadapan akan ” saling membunuh”.

Untuk lebih amannya  masing-masing  tim bertekad, untuk memenangkan, sehingga partai di grup A dan B akan menarik , berlangsung sengit dan ketat. Lengah sedikit saja, apalagi kalah, maka asa  melangkah ke babak selanjutnya akan pupus.

Seluruh pemain akan mengeluarkan kemampuan maksimal baik secara individu maupun kerjasama tim yang diramu dengan strategi yang jitu dari masing-masing pelatih yang menukangi masing masing tim yang berlaga.

Faktor disiplin, fokus, dan semangat cukup berperan dalam meraih tiket ke babak berikutnya selain masalah teknis.

Dari Grup A, tiga tim bersaing untuk meraih dua tiket ke babak 16 besar. Yakni, Belanda, Ekuador dan Senegal.

Belanda sementara memimpin gru A dengan point 4, kemudian disusul Ekuador yang memiliki nilai sama dengan Belanda,4, kemudian Senegal meraih nilai 3.

Partai Equador vs Senegal bakal berlangsung seru dan ketat. Kedua tim bertarung habis-habisan babak akhir penyisihan grup. Dari perolehan angka, Ekuador butuh minimal seri saja sudah menghantar meraih salah satu tiket. Demikian juga dengan Belanda butuh minimal memastikan melangkah ke babak berikutnya.

Lebih sengit lagi persaingan di grup B, di atas kertas memiliki peluang, cuma porsinya ada yang besar dan ada juga yang kecil.

Inggeris yang memimpin sementara grup,nilai 4 akan berhadapan dengan Wales, berada di urutan terbawa dengan nilai 1. Sementara Iran di urutan kedua nilai 3 melawan Amerika Serikat diurutan 3 , memiliki nilai 2.

Bagi AS, harus meraih nilai penuh alias memenangkan pertandingan jika ingin meraih salah satu tiket mendampingi Inggeris, melangkah ke 16 besar. Sebaliknya Iran hanya butuh minimal meraih hasil akhir imbang atau seri. (eddy lahengko)

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU