23 June 2024
HomeBeritaKesraPertamina Hulu Energi Raih Penghargaan Best of The Best di APQA 2024

Pertamina Hulu Energi Raih Penghargaan Best of The Best di APQA 2024

SHNet, Jakarta– PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina sukses meraih penghargaan “Best of the Best” dan memborong penghargaan dalam ajang Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2024.

APQA merupakan ajang penghargaan tahunan dalam bidang inovasi dan perbaikan berkelanjutan yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero).

Ajang inovasi tahun ini yang mengusung tema “Innovate Endlessly For Excelent Sustainability” diselenggarakan di Grha Pertamina, Kamis (06/06). Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, Wakil Direktur PT Pertamina (Persero), Wiko Migantoro, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pertamina (Persero), M. Erry Sugiharto, beserta jajaran direksi dan manajemen Pertamina.

Dalam kesempatan ini turut hadir pula Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim, Direktur SDM & Penunjang Bisnis PHE, Whisnu Bahriansyah, beserta jajaran manajemen PHE dan beberapa Direksi dari Regional dan Anak Usaha Subholding Upstream Pertamina.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, sangat mengapresiasi kegiatan APQA yang sudah berjalan 10 tahun lebih dengan ribuan gugus yang telah berpartisipasi dan berdampak luar biasa terhadap perusahaan.

Dalam kegiatan tersebut, Subholding Upstream Pertamina kembali menunjukkan prestasinya dengan mendapatkan penghargaan paling tinggi dan bergengsi dalam ajang APQA 2024 dengan raihan “Best of the Best”, yang diterima langsung oleh Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim, dengan memboyong beberapa penghargaan, diantaranya;

The Best Value Creation Achievement (Peringkat 1)

The Best Category Achievement (Peringkat 1)

The Most Replicated Innovation (Peringkat 1)

The Best Business Performance Excellence (Peringkat 3)

The Best KOMET Influencer (Peringkat 1 untuk Regional 1 dan Peringkat 3 untuk Regional 2)

The Best System Assurance (Peringkat 2 untuk Regional 3)

Sustainability Excellence for Unit (Peringkat 1 untuk Regional 3 dan Peringkat 3 untuk Regional 4)

Dalam ajang APQA tahun 2024 yang merupakan penyelenggaraan tahun ke 14 di mana terdapat total 156 inovasi yang mendapatkan penghargaan, PHE juga berhasil memborong predikat yang bergengsi, antara lain;

29 kategori platinum

25 kategori gold

5 kategori silver

1 kategori bronze

Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim, mengungkapkan apresiasinya kepada para Perwira Subholding Upstream yang turut serta menyumbangkan buah pikirannya menjadi inovasi yang dapat diadopsi oleh perusahaan. “Alhamdulillah pelaksanaan APQA 2024 berjalan dengan lancar dan seluruh inovasi memberikan kontribusi yang signifikan. Inovasi merupakan salah satu pilar dari Quality Management yang telah menjadi budaya perusahaan. Selain itu inovasi juga menjadi bagian dari bisnis proses keseharian untuk menghasilkan produk-produk yang optimal sehingga mendukung operational excellence untuk mendukung pencapaian target perusahaan,” terang Chalid.

Lebih lanjut Chalid menerangkan komitmen Subholding Upstream Pertamina, “kami akan terus melaksanakan inovasi diberbagai fungsi untuk menghasilkan value creation seoptimal mungkin tanpa mengorbankan safety dan operational excellence,” pungkas Chalid.

PHE akan terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG. PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (“UNGC”) sebagai member sejak Juni 2022. PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG. Mendukung aspek Governance, PHE juga senantiasa berkomitmen Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan. Salah satunya dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandard ISO 37001:2016.

PHE terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmental Friendly, Socially Responsible dan Good Governance. (Stevani Elisabeth)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU