16 June 2024
HomeBeritaPariwisataRatusan Peserta Antusias Ikuti "Aekhula Run" di Nias Barat

Ratusan Peserta Antusias Ikuti “Aekhula Run” di Nias Barat

SHNet, Nias Barat– Ratusan peserta lomba lari begitu antusias mengikuti Aekhula Run, Sabtu (25/05/2024).

Sejak pagi, para peserta ini berdatangan ke Pantai Gu’u Sirombu, Nias Barat. Bahkan ada beberapa peserta dari Tapanuli Tengah, Medan dan Aceh yang bermalam di Nias beberapa hari sebelum pelaksanaan lomba lari tersebut.

Aekhula Run 5K dan 10K merupakan rangkaian kegiatan dari Festival Pesona Aekhula (FPA) 2024, di Kabupaten Nias Barat.

Berdasarkan data panitia, sekitar 700 peserta lomba yang telah mendaftar di Aekhula Run.

Para pemenang Aekhula Run (Dok foto: Ida Lumongga)

Para peserta tidak hanya masyarakat yang berasal dari Nias Barat saja, tetapi juga para atlet dari luar Nias seperti Tapanuli Tengah, Pematang Siantar, Medan hingga Aceh.

Kegiatan Aekhula Run 5K dan 10 K berjalan sukses dilepas oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu . Start dan finish dilakukan di pantai Gu’u Sirombu.

Bupati Khenoki berpesan kepada semua peserta lomba untuk mengikuti semua aturan yang ditetapkan panitia, menjaga keamanan dan ketertiban selama lomba berlangsung.

“Kepada anak anak peserta Aekhula Run yg ikut lomba untuk mengikuti aturan yang ada, jaga keamanan dan ketertiban dan juga jaga kesehatan,” kata Bupati Khenoki.

Kepada tim medis, Bupati juga berpesan agar selalu siap sedia dan terus memantau peserta lomba. Bila ada peserta lomba yang memerlukan pertolongan, agar segera ditangani dengan cepat dan baik,” tegasnya.

Aekhula Run memperebutkan total hadiah mencapai Rp 150 juta. Untuk Aekhula Run 10 K kategori pria dimenangkan oleh Daniel Simanjuntak dari Sibolga dengan waktu tempuh 35 menit 56 detik. Juara kedua diraih Arman Zebua dari Helvetia Medan dengan waktu tempuh 37 menit 30 detik dan Juara ketiga Berman Halasan Siahaan dari Siborong-borong dengan waktu tempuh 37 menit 95 detik.

Sementara untuk pemenang Aekhula Run 10K wanita, juara pertama dimenangkan Ina Lidya dari Aceh dengan waktu 47 menit 04 detik. Juara kedua Pesta Rameria Simanjuntak, 48 menit 59 detik. Sedangkan Cintya Manalu meraih juara ketiga dari Siborong-borong dengan waktu 50 menit 49 detik.

Untuk kategori Aekhula Run 5K pria dimenangkan oleh Josua Simanjuntak dari PPLP Sumut. Juara kedua Histia Nababan dari Tapanuli Utara. Juara ketiga Muzakkir dari Kodim Aceh.

Sementara untuk pemenang Aekhula Run 5K wanita dimenangkan oleh Yaumil Fauziah dari PPLP Sumut. Juara kedua Wildasari Mendrova dari Klub Jaya Atletik. Juara ketiga Windi Febrian dari Nias Utara dan juara ke empat Yustina Jaluhu dari Nias Utara.

Selain hadiah yang diberikan panitia, Bupati Nias Barat juga memberikan hadiah kepada para pemenang lomba Aekhula Run 2024 yang berasal dari uang pribadi.

“ Jangan lihat nilai hadiahnya, tapi lihat semangat dan motivasi yang diberikan kepada rakyat. Nanti selesai acara agar datang menghadap Bupati untuk mengambil hadiahnya,” pesan Bupati kepada peserta lomba lari. (Stevani Elisabeth)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU