22 May 2022
HomeBeritaKesraUniversitas Tidar Magelang Kerja Sama dengan Belarusian State Agricultural Academy Gorki

Universitas Tidar Magelang Kerja Sama dengan Belarusian State Agricultural Academy Gorki

SHNet, Jakarta-Universitas Tidar (Untidar) Magelang terus memperkuat jaringan kemitraan di kancah internasional melalui kerja sama dengan Belarusian State Agricultural Academy (BSAA), Gorki, Belarus, yang merupakan lembaga pendidikan tinggi tertua dan memiliki disiplin ilmu pendidikan agro industri dengan jurusan terbanyak di Eropa, khususnya kawasan Eropa Timur dan negara-negara Commonwealth of Independent States (CIS).

Kesepakatan kemitraan antara Untidar dan BSAA tersebut diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding) oleh Rektor kedua universitas dalam upacara virtual yang diselenggarakan pada Senin, 24 Januari 2022.

Pelaksanaan penandatanganan nota kesepahaman turut dihadiri Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (PMILN), perwakilan Ditjen Amerika dan Eropa Kemlu RI, perwakilan Ditjen Dikti dan Biro Kerja Sama & Humas Kemendikbudristek RI, serta para Wakil Rektor dan Dekan dari kedua universitas.

Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua Rektor memuat kesepakatan kerja sama dalam berbagai bentuk, antara lain: pelaksanaan seminar/ simposium bersama, pengembangan program double degree, pertukaran mahasiswa serta tenaga pengajar, pelaksanaan penelitian dan kegiatan illmiah bersama, pertukaran bahan teknis serta publikasi jurnal ilmiah, pengajaran bahasa dan pertukaran budaya.

Rektor Untidar, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc dalam sambutan pada upacara penandatanganan menyatakan bahwa kerja sama ini menunjukkan optimisme dan komitmen kedua universitas dalam upaya memajukan potensi akademiknya. Melalui kerja sama ini, Untidar bertekad untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat dan membawakan peran kepemimpinan di masyarakat melalui kegiatan akademik dan penelitian.

Sebagai langkah awal dalam menindaklanjuti nota kesepahaman yang telah ditanda tangani dengan BSAA, Fakultas Pertanian Untidar akan menjadi menjadi focal point pembahasan pengembangan action plan antar kedua universitas pada tahun 2022.

Lebih lanjut Rektor Untidar Prof. Arifin mengatakan bahwa sejak pendiriannya, Untidar terus menyelenggarakan penelitian pertanian daerah tropis khususnya di lahan vulkanik. Pada abad ke-21 ini, tantangan dan peluang untuk menyediakan kepakaran dan penelitian di berbagai bidang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

“Dengan reputasi dan kualitas yang dimiliki oleh BSAA sebagai salah satu universitas unggulan di Eropa pada sektor agro industri, diharapkan membuka jalan bagi Fakultas Pertanian Untidar untuk go international, mengembangkan kapasitas dan meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran,” ujar Rektor Untidar Prof. Arifin.

Penguat Hubungan Pendidikan dan Kebudayaan

Sementara itu, Rektor BSAA Prof. Dr. Vitali Velikanov dalam sambutannya menyampaikan ungkapan kegembiraan atas atas kesepakatan yang berhasil diresmikan dan ditandatangani hari ini. Kerja sama kedua universitas juga merupakan perwujudan penguatan hubungan pendidikan dan kebudayaan antara kedua negara.

“Kami sangat senang dapat merealisasikan kerja sama dengan Universitas Tidar. Saya harap kerja sama ini akan berlangsung dalam jangka panjang untuk memberikan manfaat kepada civitas akademika kedua universitas dan juga masyarakat kedua negara,” tutur Rektor BSAA Prof. Velikanov.

Kerja sama kedua universitas juga diyakini oleh Rektor BSAA dapat menjembatani promosi berbagai potensi yang dimiliki Indonesia kepada akademisi dan mahasiswa Belarus dan sebaliknya. “Melalui kerja sama ini, saya berharap semakin banyak dosen dan mahasiswa Belarus di BSAA yang mengenal dan mengetahui secara langsung dan lebih dekat tentang Indonesia, termasuk kekayaan budaya dan keindahan alamnya,” tambah Rektor BSAA Prof Velikanov.

Menyampaikan selamat atas pelaksanaan penandatanganan perjanjian kerja sama, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Jose Tavares menyampaikan harapannya agar kerja sama antara Untidar dan BSAA dapat memfasilitasi kedua perguruan tinggi dalam bertukar keunggulan dan sumber daya yang dimiliki demi kemajuan bersama.

“Dengan kualitas dan rekam jejak selama 185 tahun sejak didirikan pada tahun 1836, BSAA merupakan kampus yang sangat kredibel di Republik Belarus dan kawasan Eropa Timur. Oleh karena itu, saya menyakini Untidar akan dapat memperoleh banyak manfaat melalui kerja sama ini, dan begitupun sebaliknya,” ungkap Dubes Tavares.

Pada kesempatan yang sama, Dubes Tavares juga menggarisbawahi arti penting kerja sama yang disepakati terhadap pengembangan kapasitas dan kualitas kedua universitas, khususnya bagi mahasiswa dan tenaga pengajar.

“Kiranya dalam implementasi pelaksanaan kerja sama, Untidar dan BSAA dapat mengembangkan berbagai program kolaborasi dan pertukaran yang saling menguntungkan bagi para mahasiswa dan dosen, yang belum tentu dapat diperoleh melalui pembelajaran konvensional di kelas,” pungkas Dubes Tavares.

BSAA merupakan universitas negeri yang terletak di kota Gorki, 3 jam perjalanan darat dari ibukota Minsk. BSAA saat ini memiliki 10 (sepuluh) Fakultas dengan 44 departemen/ jurusan, antara lain: Agronomi, Agroekologi, Bioteknologi dan Akuakultur, Manajemen Pertanahan, Reklamasi dan Konstruksi, Mekanisasi Pertanian, Ekonomi, Bisnis dan Hukum, Akuntansi, dan Hubungan Internasional. BSAA juga telah memiliki program Pendidikan S2 dan S3. BSAA saat ini memiliki kerja sama dengan mitra internasional berupa 140 perjanjian kerja sama, dan memiliki 480 mahasiswa asing dari 10 negara. BSAA memiliki alumnus-alumnus yang saat ini merupakan tokoh dan figur terkemuka, baik pada sektor pemerintahan maupun profesional di Belarus. Presiden Republik Belarus yang sedang menjabat saat ini, Aleksandr Lukashenko, juga merupakan alumni BSAA.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Untidar dan BSAA merupakan buah dari diplomasi pendidikan yang telah dilaksanakan KBRI Moskow, melalui kantor Atase Pendidikan dan Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya. Pada tahun 2021, KBRI Moskow melakukan berbagai upaya pendekatan dan pertemuan dengan  berbagai universitas terkemuka (leading university) di Republik Belarus, dengan fasilitasi Kementerian Pendidikan Republik Belarus.

Pada tahun 2022, KBRI Moskow merencanakan untuk dapat memfasilitasi realisasi pelaksanaan kerja sama pendidikan antar universitas antara sejumlah universitas terkemuka di Federasi Rusia dan Republik Belarus dengan mitra kerjanya di Tanah Air. (sur)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU