1 December 2021
HomeBeritaHukumWalah...., Situs Polri di Retas dan Disebar Gratis

Walah…., Situs Polri di Retas dan Disebar Gratis

 

SHNet, Jakarta – Peretas Brasil Son1x kembali beraksi dan meretas situs kepolisian Indonesia.
Sebanyak 28 ribu data diduga milik Kepolisian Republik Indonesia bocor dan disebar gratis oleh salah satu warganet di Twitter, Kamis 17 November 2021.

Kabar kebocoran data Polri itu diungkap oleh akun @Son1x666. Lewat postinganya, ia membagikan dua tautan untuk mengunduh file data yaitu “polrileak.txt” berukuran 10,27 MB dan “polri.sql”.

Untuk itu Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri tengah menyelidiki seorang peretas asal Brazil yang mengaku berhasil membobol data Polri. Hacker tersebut menceritakan aksi pembobolan melalui akun Twitternya @son1x666.

“Sedang ditangani Dittipidsiber Bareskrim Polri, nanti kalau sudah ada updatenya akan diinformasikan,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi.

Melalui akun twitternya, hacker tersebut mengaku telah mengantongi sejumlah data pribadi dan rahasia dari para anggota Polri termasuk dengan orang-orang terdekatnya pada Rabu 17 November 2021.

“Polri berhasil diretas. Ada 28k (28.000) akun dan data pribadi yang bocor. Kebocoran ini berisi informasi pribadi dan rahasia serta kredensial pekerja Polri,” tulis pemilik akun @son1x666 tersebut. (maya han)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU