22 May 2022
HomeBeritaInternasionalWHO : Jangan Panik Hadapi Varian Omicron

WHO : Jangan Panik Hadapi Varian Omicron

SHNet, Jakarta – Dunia seharusnya tidak panik tentang varian baru Omicron dari Covid-19 tetapi harus bersiap, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berbicara di sebuah konferensi pada hari Jumat, ilmuwan top WHO Soumya Swaminathan mengatakan situasi sekarang sangat berbeda dengan tahun lalu. Laporan menunjukkan Omicron telah ditemukan di hampir 40 negara. Masih belum jelas apakah varian yang sangat bermutasi lebih menular atau lebih mampu menghindari vaksin.

Data awal yang dilaporkan oleh para ilmuwan di Afrika Selatan – tempat varian pertama kali terdeteksi – menunjukkan bahwa Omicron dapat menghindari kekebalan terhadap Covid-19 , meskipun para ahli memperingatkan bahwa analisis tersebut tidak pasti.

Dr Swaminathan mengatakan pada konferensi Reuters NEXT bahwa varian itu “sangat mudah menular”, mengutip data dari Afrika Selatan, dan mengatakan itu mungkin bisa menjadi jenis yang dominan di seluruh dunia – meskipun ini sulit diprediksi. Delta saat ini menyumbang 99% kasus secara global, tambahnya.

“Seberapa khawatir? Kita harus siap dan hati-hati, jangan panik, karena kita berada dalam situasi yang berbeda dengan tahun lalu,” katanya.

Sementara itu direktur kedaruratan WHO Mike Ryan mengatakan dunia saat ini memiliki “vaksin yang sangat efektif” melawan Covid-19, dan fokusnya harus pada mendistribusikannya secara lebih luas. Dia mengatakan tidak ada bukti untuk mengubah jab ini untuk menyesuaikannya dengan varian Omicron baru. (Tutut Herlina)

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU