26 February 2024
HomeBeritaOlahragaZavier Sungkar Dilengkapi Support System Jelas

Zavier Sungkar Dilengkapi Support System Jelas

SHNet, SENTUL – Zavier Sungkar (ShaDaff Motorsport), pembalap yang tahun ini akan genap berusia 12 terlihat begitu antusias di ajang putaran 3, Kejurnas Gokart 2022, di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/5/2022).

Tak heran support system-nya begitu jelas. Selain sang ayah, Rizal Sungkar yang hingga masih aktif sebagai pereli nasional, selalu mendampinginya di setiap balapan, Oma Zavi –begitu ia disapa- Ria Sungkar yang juga pembalap juara di era 70-80 an, selalu hadir di lintasan guna memberi motivasi bagi sang cucu.

Darah balap memang sudah tertular di tulang Zavi yang kini menempati kelas Mini Rok. Cucu almarhum Helmy dan Ria Sungkar ini jelas-jelas mengaku kalau passion-nya tak berubah sejak ia masih berusia 6 hingga jelang usia 12 ini: balapan.

“Itu passion saya sejak kecil dan tak tergantikan. Apalagi liat foto-foto balapan Opa dan Oma (Helmy-Ria), juga Om Rifat (Sungkar) dan Daddy (Rizal). Semua itu makin membuat saya jatuh cinta dengan balapan,” tutur Zavi di Sirkuit Karting Sentul.

Di waktu senggang setiap balapan, selain dengan mekanik, Zavi juga selalu berdiskusi dengan sang ayah soal bagaimana mengatur strategi. Omanya, Ria Sungkar pun kerap memberi sejumlah wejangan.

Zavier Sungkar saat melakukan persiapan sebelum turun di kelas Mini Rok. (SHNet/Nonnie Rering)

Tak heran kalau semangat juang calon pelajar SMP Mentari Intercultural School Bintaro ini terus membuncah.

Lebih dari itu, di setiap balapan, ia juga mendapat support khusus dari keluarga besarnya. Opa dan Omanya dari sang ibunda, Feby Putri, Sayuthi dan Rachmaniar Temat, pun tak pernah absen memberi support bagi sang cucu di setiap balapan.

Pemandangan menarik di setiap balapan Zavi, baik Oma Ria Sungkar dan Rachmaniar, juga Opa Sayuthi selalu memberi pelukan hangat sambil membisikkan doa-doa khusus di kuping cucu mereka.

“Saya sendiri sejak muda terbiasa balapan. Jadi, saat melihat cucu balap rasanya bangga. Tentu juga antusias datang ke sirkuit karena rasanya pasti berbeda merasakan euphoria langsung memberi dukungan kepadanya di sisi lintasan,” jelas Ria Sungkar yang di masa balapan pernah mendapat hadiah delapan buah mobil beruntun dari hasil kemenangannya di lintasan.  (Nonnie Rering)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU