5 December 2023
HomeBeritaAQUA Kembangkan UMKM Melalui AQUA Home Service

AQUA Kembangkan UMKM Melalui AQUA Home Service

SHNet, Padang-Siapa bilang pensiunan itu sudah tidak bisa produktif lagi? Junaedi Bachtiar (61 tahun), warga Kayu Kalek, Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, setelah pensiun pada 2019 dapat tetap aktif mengisi hari-harinya menjual AQUA melalui AQUA Home Service (AHS) Bu Wis dari teras rumahnya.

“Saya memulai aktivitas sehari-hari sejak pukul 7 pagi hingga jam 12 siang dengan mengantar sendiri AQUA galon langsung ke pelanggan,” kata Junaedi Bahtiar yang menjalankan AHS Bu Wis sejak Mei 2020. “Sering juga saya mengantar AQUA pada sore hari untuk pelanggan yang memesan AQUA di atas jam 12 siang,. Yang pasti saya selalu melayani pelanggan dengan baik,” tambah Junaedi bersemangat.

Rupanya kegiatan menjual AQUA ini membuat Junaedi menjadi lebih sehat, segar, berjumpa banyak teman, dan mendapatkan penghasilan tambahan di usianya yang tidak lagi muda.

Ada juga AHS Tiga Saudara di Lubuk Begalung yang dikelola Rahmad Duha (40 tahun). Ia memulai AHS Tiga Saudara hanya dengan bermodalkan Rp 5 juta. Dari situ ia dapat mengembangkan usahanya dengan melayani pelanggan di perkantoran dan perumahan.

“Dalam sebulan saya dapat menjual AQUA sebanyak 6000 galon. Dari situ saya mendapatkan penghasilan bersih Rp 7 juta per bulan,” kata Rahmad Duha.

Kunci sukses Junaedi Bahtiar dan Rahmad Duha terletak pada pelayanan yang baik ke pelanggan. Mereka tak segan membantu memudahkan pelanggan mendapatkan AQUA. “Saya sering harus menjinjing dua galon sekaligus ke lantai tiga di sebuah perkantoran,” kisah Rahmad Duha.

Selain itu, kelihaian Junaedi dan Rahmad berselancar di google membuat mereka mudah mendapatkan pelanggan.

Hal terpenting lainnya adalah kualitas produk AQUA memang sudah diakui masyarakat sebagai produk air minum dalam kemasan yang terbaik membuat bisnis kedua AHS tersebut berkembang.

Hal ini merupakan suatu bukti nyata pengembangan ekonomi masyarakat (economic development) yang dilaksanakan AQUA melalui program AHS (AQUA Home Service). “Program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa meninggalkan rumah. Yang tertarik untuk ikut program hanya perlu menyediakan tempat, modal yang tidak terlampau besar, dan keinginan menjual dan menyebarluaskan pola hidup sehat melalui produk-produk AQUA” jelas Senior Regional Sales Manager AQUA wilayah Sumatera Hendro Marpaung.

Kepedulian AQUA terhadap masyarakat melalui program AQUA Home Service ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian pelaku usaha AHS.  Pelaksanaan program ini selalu menitik beratkan pada peran aktif masyarakat untuk selalu ulet bekerja demi kehidupan mereka masing-masing.

Hendro Marpaung menambahkan, “Kami selalu membantu setiap pelaku usaha di AHS menjalankan bisnis mereka masing-masing , yaitu melengkapi mereka dengan materi promosi yang diperlukan, pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan, dan program-program insentif yang bertujuan membantu setiap AHS mencapai target mereka. Hal Ini merupakan suatu kolaborasi langsung antara perusahaan dan masyarakat melalui program AHS ini.” tambahnya. (sbr)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU