16 June 2024
HomeBeritaBerikan Rasa Aman, Ditsamapta Polda Bali Hadirkan Satwa Kuda di CFD

Berikan Rasa Aman, Ditsamapta Polda Bali Hadirkan Satwa Kuda di CFD

(Itw)

SHNet, BALI – Melalui Program Patroli Presisi Simakrama, Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Bali menggelar patroli Satwa kuda dan bersepeda saat hari bebas kendaraan (car free day/ CFD) di seputaran lapangan Niti Mandala Renon, Bali, Minggu (14/5/2023).

” Melalui patroli berkuda dan sepeda, Direktorat Samapta Polda Bali hadir di tengah masyarakat yang sedang menikmati CFD, semua ini bertujuan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Bali khususnya, ” kata Direktur Samapta Kombes Pol I Gede Adhi Mulawarman dalam keterangan tertulis di Bali.

Menurut dia, dalam patroli berkuda Ditsamapta menerjunkan sedikitnya enam ekor kuda yang dimiliki Ditsamapta, diantaranya dua kuda Australia dan empat kuda lokal. Dengan hadirnya satwa kita di CFD, dengan didampingi 20 anggota polisi.

” Anggota dengan menggunakan satwa kuda ini, akan berada di CFD tepat pukul 07.30 – 10.00 Wita. Dengan begitu semua kegiatan CFD akan terpantau oleh mereka. Begitu juga dengan patroli sepeda, ” ujar I Gede Adhi menambahkan.

Kembali dikatakannya, tidak itu saja patroli bersepeda sebanyak 20 unit juga akan terlihat di seputaran GDC. Tujuannya masih sama, memberikan rasa aman bagi masyarakat Bali yang berolahraga di seputaran lapangan Renon.

Seperti diketahui, melalui program Patroli Presisi Simakrama (PPS) ini sendiri adalah bentuk kegiatan dalam tindakan preventif yang ada dan berbaur ke masyarakat untuk melakukan kegiatan di seputaran Bali.

Dalam program PPS ini setiap anggota di terjunkan sebagai ‘Pecalang’ untuk dilingkungannya masing- masing, seperti adanya kegiatan Sipandu Beradat.

” Ini wajib hukumnya, setiap anggota harus aktif dilingkungannya. Dengan begitu kita akan mengetahui semua informasi dan keluhan warganya, ” papar I Gede Adhi.

Pun diketahui, sebelumnya dari program PPS Ditsamapta telah melakukan bakti sosial berupa ngayah dan kurve di pura dalam Pengembak Sanur yang dilaksanakan Sabtu (13/5/2023) pagi hingga siang hari.

” Di acara bakso sosial di Pura Dalam Pengembak Sanur ini, kami libatkan sebanyak 70 anggota. Untuk itu, kedepannya nanti kami bisa terus berada di tengah – tengah masyarakat agar masyarakat selalu tenang dan nyaman dengan kehadiran kami ini, ” tegas I Gede Adhi. (mayhan)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU