23 April 2024
HomeBeritaKapolri dan Panglima Memastikan Pemilu di Indonesia Berjalan Aman dan Damai

Kapolri dan Panglima Memastikan Pemilu di Indonesia Berjalan Aman dan Damai

SHNet, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, seluruh rangkaian kegiatan pemungutan suara atau pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di seluruh Indonesia berjalan aman dan damai.

Hal itu dipastikan saat Kapolri bersama dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan pemantauan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saat pencoblosan di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

“Alhamdulillah sampai saat ini semua aman terkendali. Dan tentunya kita akan terus mengikuti sampai dengan rangkaian pencoblosan selesai, penghitungan dan pasca-itu dampak-dampak apa yang harus diantisipasi untuk menjaga stabilitas kamtibmas yang ada,” ujar Kapolri.

Selain memantau keamanan dan ketertiban, Kapolri dan Panglima TNI juga memastikan kesiapan seluruh personel gabungan yang bertugas melakukan pengamanan di TPS maupun yang bersiaga.

“Kami bersama Panglima mengadakan pengecekan khususnya anggota-anggota yang bersiaga di wilayah dekat Monas untuk memastikan kesiapan anggota dalam rangka melaksanakan pengamanan,” ujar Listyo.

Dalam hal ini, Listyo Sigit menekankan, personel gabungan TNI-Polri dalam keadaan siap siaga untuk menjaga segala situasi dan kondisi yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Khususnya terhadap potensi gangguan baik pada saat pelaksaanan, kegiatan pencoblosan, sebelum dan juga pasca. Karena kita tahu akan ada potensi-potensi yang mengganggu situasi kamtibmas. Karena itu kita pastikan kesiapan personel,” ucap Listyo Sigit.

Sigit mengungkapkan, personel gabungan TNI-Polri yang dikerahkan mengamankan pemungutan suara se-Indonesia sebanyak 260 ribu.

“Apabila ada potensi gangguan yang kita harus turun, jadi kita memastikan bahwa personel memahami tahapan penggunaan kekuatan yang harus dilakukan pada saat hadapi potensi gangguan,” tutur Listyo Sigit.

Senada, Panglima TNI juga menegaskan bahwa, seluruh proses tahapan pemungutan suara Pemilu 2024 hari ini berjalan aman dan damai di seluruh Indonesia.

“Di seluruh wilayah, Alhamdulillah aman. Semoga pencoblosan pada hari ini lancar dan aman tentunya didukung masyarakat,” ujar Agus. (mayhan)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU