20 May 2024
HomeBeritaOlahragaMenpora Dito Dukung Kejuaraan Dunia Senam 2025 di Indonesia

Menpora Dito Dukung Kejuaraan Dunia Senam 2025 di Indonesia

SHNet, JAKARTA – Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam ke-53 atau 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (Gymnastics Indonesia) dibawah pimpinan Ita Yuliati sontak melaporkan kabar bahagia ini kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Setelah Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Senam Dunia ke-53 atau 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships, Ita Yuliati sebagai pimpinan Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (Gymnastics Indonesia) melakukan langkah tepat dengan menemui Menpora Dito Ariotedjo.

Usai bertemu Menpora Dito Ariotedjo di Lantai 10 Kemenpora, Menpora segera menggiring Ita Yuliati dan timnya melakukan konferensi pers dengan sejumlah media nasional yang sudah cukup lama menanti.

Saat temu media, Menpora Dito menyampaikan dengan tegas kalau pemerintah siap mendukung penuh PB Persani untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships di Indonesia yang waktunya sudah ditetapkan pada 19-25 Oktober 2025.

“Hari ini saya sudah menerima PB Persani guna melaporkan persiapan kami menjadi tuan rumah 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships setelah Indonesia ditunjuk langsung oleh Fédération Internationale de Gymnastique (FIG). Kita pemerintah sangat bahagia karena gymnastic sebagai salah satu cabor mother of sport mendapat kepercayaan  menjadi tuan rumah kejuaraan dunia,” kata Menpora Dito ikut bangga.

Menpora Dito juga menyampaikan adanya kejuaraan dunia senam ini pastinya akan berdampak positif terhadap perkembangan olahraga senam di Indonesia, ditambah lagi bisa mempromosikan Indonesia memiliki fasilitas olahraga yang bertaraf internasional.

Salah satu atlet senam Dunia mempertontonkan aksinya. (Ist).

“Ajang senam dunia ini akan diikuti sekitar 70 negara, ini jelas memiliki dampak yang positif bagi olahraga kita. Apalagi akan digelar di Indonesia Arena. Kita bisa mempromosikan fasilitas olahraga di Indonesia bisa menyelenggarakan event dunia,” kata Menpora Dito.

Sementara, Ketua Gymnastics Indonesia Ita Yuliati bersama Wakil Ketua Aang Sunadji, dan Sekretaris Jenderal Sri Sundari Kencana Ayu, mengatakan ajang ini menjadi sejarah baru untuk Indonesia. “Kami meminta arahan serta dukungan pemerintah, dalam hal ini Menpora Dito, sehingga kita bisa memanfaatkan momentum World Championships dengan optimal untuk kejayaan olahraga Indonesia,” kata Ita.

Menurut Ita terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah merupakan bentuk kepercayaan FIG kepada Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dalam misi mencapai “Indonesia Emas” pada tahun 2045.

“Gymnastics sebagai mother of sports bangga dapat berkontribusi, dan kami yakin penyelenggaraan World Championships dapat mendorong pembinaan gymnastics di Indonesia serta menginspirasi generasi muda untuk menjadi atlet elite yang berjuang demi keunggulan Merah Putih di panggung dunia,” ujar Ita.

Setelah Jakarta terpilih, Ita menjelaskan pihaknya masih perlu mengurus hal-hal administratif ke FIG serta pembentukan panitia. “Banyak hal yang harus kami kerjakan dan kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan FIG, pemerintah Indonesia, dan semua stakeholder olahraga untuk menjadi World Championship yang sukses dan tak terlupakan,” tutur Ita.  (Non)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU