22 May 2022
HomeBeritaKesraPameran Seni Rupa “Mulih Mula Mulanira”

Pameran Seni Rupa “Mulih Mula Mulanira”

SHNet, Yogya-Nasirun, sosok maestro yang juga kolektor seni rupa, bersama dengan Hanafi Kurniawan Sidhartha peseni muda pemerhati budaya akan menggelar pameran kolaborasi di Jogja National Museum, Yogyakarta, 17-26 Mei 2022. Ini merupakan kolaborasi dua peseni dengan kurator Pinasthika Hayang & Rivaldo Saputra

Pameran kolaborasi ini berangkat dari pemikiran keduanya tentang perkembangan budaya dan teknologi saat ini yang begitu pesat membuat para generasi muda merasa dituntut untuk terus mengikuti kemajuan. Sayangnya banyak dari generasi muda justru terseok-seok karena tidak dibekali dengan pondasi yang kuat terlebih dahulu. “Mulih Mula Mulanira” pada dasarnya berarti semua akan kembali ke asal mula. Dulu, sekarang, dan besok adalah satu kaitan yang lurus. Maka untuk menghadapi masa depan, kita harus memahami masa lalu.

Nasirun

Hanafi

Hasil kolaborasi ini mempersembahkan beragam unsur, mulai dari visual, audio, aroma, hingga suasana ruang pamer yang memanjakan indera kita dengan cara modern. Yang jelas pameran ini akan menyenangkan bagi penikmat seni media baru.

Sejumlah karya Nasirun yang sarat akan sifat penanda jaman direspon dan ditampilkan oleh Hanafi dalam 3 (tiga) babak yang mewakili masa lalu, masa kini, serta masa depan.

Dengan bertemunya dua seniman, dua generasi, dan dua jenis teknologi ini, mereka bereksperimen membayangkan seni rupa di esok hari. Upaya ini menjadi salah satu media memperkenalkan tradisi dan budaya kepada generasi mendatang karena sejatinya kedua hal itu adalah bekal yang kuat untuk menghadapi masa depan.

Agenda ini diselenggarakan oleh kelompok kerja mahasiswa Prodi S-1 Tata Kelola Seni FSR Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang tergabung dalam Nam Nam Project, bersama Yayasan Wayang Ukur Sukasman.

Selanjutnya bagi khalayak yang masih penasaran tentang respon dan pendapat terkait Mulih Mula Mulanira, silakan hadiri program artist dan curator’s talk pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 pukul 15:00 di Jogja National Museum. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di instagram.com/mulihmulamulanira (sur)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU