https://www.xxzza1.com
22 February 2024
HomeDesanetPelaksanaan Pilkades Serentak di Enam Kabupaten

Pelaksanaan Pilkades Serentak di Enam Kabupaten

SHNet, Bantaeng – Pemerintah melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di sejumlah desa di 6 kabupaten. Kabupaten yang tersebut adalah Kabupaten Sumedang, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Bantaeng.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut bahwa pelaksanaan pilkades iniĀ  menjadi penanda dimulainya babak baru demokrasi tingkat lokal.

Dari enam kabupaten yang melaksanakan pilkades serentak, Kabupaten Bantaeng menjadi satu satunya Kabupaten yang menggunakan metode Electronic Voting (E-Voting).

Berdasarkan data yang dikeluarkan Ditjen Bina Pemdes, pilkades di Kabupaten Sumedang dilaksanakan pada 89 desa di 26 kecamatan dengan jumlah DPT sebesar 267.886 orang. Para pemilih tersebar di 690 TPS. Pilkades kali ini diikuti oleh 340 calon kepala desa (308 laki-laki dan 32 perempuan).

Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan pilkades di 14 desa di 11 kecamatan dengan jumlah DPT 36.779 orang yang tersebar di 90 TPS. Pilkades diikuti oleh 43 calon kepala desa (38 laki-laki dan 5 perempuan).

Kabupaten Indragiri Hulu dilaksanakan pada 64 desa di 14 kecamatan dengan jumlah DPT 89.723 orang yang tersebar di 229 TPS dan diikuti 215 calon kepala desa (199 laki-laki dan 16 perempuan).

Sementara itu, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dilaksanakan pada 73 desa di 17 kecamatan dengan jumlah DPT 66.334 orang yang tersebar di 171 TPS dan diikuti oleh 243 calon kepala desa (227 laki-laki dan 16 perempuan).

Kabupaten Hulu Sungai Utara dilaksanakan pada 73 desa di 10 kecamatan dengan jumlah DPT 50.244 orang yang tersebar di 139 TPS dan diikuti oleh 229 calon kepala desa (214 laki-laki dan 15 perempuan).

Adapun pilkades di Kabupaten Bantaeng dilaksanakan pada 9 desa di 5 kecamatan dengan jumlah DPT 17.242 orang yang tersebar di 43 TPS dan diikuti oleh 30 calon kepala desa (28 laki-laki dan 2 perempuan).

Pantau Langsung

Pilkades serentak ini dipantau langsung oleh Ditjen Bina Pemdes Kemendagri. Pemantauan dilakukan secara melalui kunjungan secara langsung di Kabupaten Bantaeng dan melalui virtual.

Pemantauan secara langsung di Kabupaten Bantaeng dipimpin oleh Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Aferi Syamsidar Fudail.

Melalui webinar, daerah-daerah melaporkan penerapan protokol kesehatan pada desa-desa yang dijadikan sampel pemantauan di keenam Kabupaten itu.
Feri menyatakan, pemerintah pusat menyambut baik langkah-langkah strategis Pemerintah Kabupaten Sumedang, Banjarnegara, Indragiri Hulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Hulu Sungai Utara, dan Bantaeng dalam menciptakan kondisi pilkades serentak yang aman, tertib, dan bebas covid-19.

Sementara itu, Dirjen Bina Pemdes Yusharto Huntoyungo dalam siaran persnya juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bantaeng yang telah menerapkan metode pemilihan kepala desa secara elektronik di seluruh desa pelaksana.

Yusharto berharap ke depannya akan semakin banyak daerah yang menggunakan metode e-voting dalam pelaksanaan pilkades serentak sebab metode tersebut memiliki banyak kelebihan diantaranya lebih efisien dari segi waktu dan SDM yang digunakan, aman, meminimalisir penggunaan kertas suara, dan meminimalisir kecurangan. (Tutut Herlina)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU