16 June 2024
HomeBeritaPesan Erick Thohir di Tahun Ketiga BCOMSS 2023 : Insan BUMN Harus...

Pesan Erick Thohir di Tahun Ketiga BCOMSS 2023 : Insan BUMN Harus Berani Bicara Fakta

SHNet, Jakarta – Memasuki tahun Ke-3 penyelenggaraannya, Kementerian BUMN kembali menggelar BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) Awarding Night 2023 di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta. Pada Kamis (9/3).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 2.000 milenials BUMN, jajaran Direksi BUMN, Corporate Secretary BUMN juga praktisi Komunikasi dan Keberlanjutan, Menteri BUMN Erick Thohir berpesan untuk seluruh insan BUMN agar berbicara sesuai dengan fakta.

Menurut Erick Thohir saat ini adalah era keterbukaan, era dimana civil society merupakan bagian kehidupan, maka sejalan dengan hal itu Erick Thohir terus mendorong semua BUMN untuk memberitakan kinerja dan tidak ada hal yang ditutup-tutupi. “Saya mendorong untuk kita harus berani bicara fakta, bukan menutup fakta. Kinerja ataupun kebijakan yang sudah bagus perlu kita sampaikan karena itu adalah solusi”, ujar Erick.

Ajang BCOMSS 2023 mengusung tema Membawa Indonesia ke Panggung Dunia. Gelaran ini sebagai bentuk apresiasi Kementerian BUMN atas kinerja praktek komunikasi dan TJSL berkelanjutan dari seluruh korporasi BUMN.

Perhelatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai campaign media baik media massa maupun media sosial dan juga update knowledge tentang TJSL berkelanjutan selaras dengan komitmen Kementerian BUMN untuk terus memberikan dampak positif bagi masyarakat dan BUMN.

Dalam menunjang peranan dalam komunikasi publik terhadap pemberitaan BUMN, setiap BUMN perlu memiliki infrastruktur yang mumpuni. Hal ini bisa dilakukan baik itu media yang bersifat online ataupun offline yang bisa menjadi penghubung ke masyarakat untuk menginformasikan berita-berita maupun kinerja dari BUMN.

Selain infrastruktur dukungan dari pihak internal juga memiliki peranan penting dalam komunikasi publik terhadap pemberitaan BUMN. “Karyawan BUMN juga harus ikut berpartisipasi aktif menyuarakan berita, kebijakan ataupun kinerja dari BUMN sehingga bisa membangun kebanggaan atas perusahaan tempat karyawan bernaung”, jelas Erick.

Pada malam BCOMSS Awarding Night 2023 diumumkan pemenang untuk beberapa kategori yang terbagi atas dua bidang, yaitu dalam bidang communication dan juga dalam bidang sustainability yang mana penilaian untuk setiap kategori dilakukan oleh tim juri yang sudah mumpuni dalam bidangnya, ada Maudy Ayunda dan Reisa Brotoasmoro untuk juri bidang communications. Sedangkan untuk bidang sustainability ada Andy F. Noya dan Juniati Gunawan yang duduk sebagai tim juri.

Dalam kesempatan itu Maudy selaku tim dewan juri menyampaikan bahwa penilaian perlombaan BCOMSS 2023 ini bersifat independen dan transparan. “Kita sebagai tim dewan juri bahkan tidak melihat dari sisi BUMN nya melainkan program dan pemaparan dari submission nya sehingga kami menjamin bahwa penilaian ini benar-benar objektif”, jelasnya.

Selain corporate communication yang menjadi pokok bahasan dalam kegiatan BCOMSS Awarding Night 2023, Corporate Social Responsibility (CSR) atau biasa kita sebut Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) juga menjadi pokok bahasan. Menurut Erick Thohir TJSL yang disalurkan BUMN harus memiliki sifat sustainability agar manfaat yang dirasakan masyarakat bisa terus berlanjut,

“Dalam acara BCOMSS 2023 ini saya juga men-challenge dalam hal sustainability, agar program yang berkelanjutan bisa diterima di masyarakat dan juga menjadi solusi untuk masyarakat dan juga untuk BUMN”, kata Erick.

Daftar pemenang dalam BCOMSS 2023:
Bidang Communication:
Best of The Best Bidang Communication : PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Socmed Campaign : PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko
Media Relations Management : PT Kereta Api Indonesia (Perseso)
Internal Communications Implementation : PT Pertamina (Persero)
Corporate Communications of The Year : Wijaya Laksana dari PT Pupuk Indonesia (Persero)
Content Creator : Cahyaningrum Argayanti Wijanarko dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
Best SMR (Individual) : Yanni Tarmida dari Perum BULOG
Best SMR (Perusahaan BUMN) : PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Best Exposure of The Year (AGSET) : PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Best Keterbukaan Informasi Publik : PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Stakeholder Management : PT Pertamina (Persero)
Corporate Secretary of The Year : Aestika Oryza Gunarto dari BRI
Favorite Corporate Communications of The Year : Gregorius Adi Trianto dari PLN

Bidang Sustainability:
Best of The Best Bidang Sustainability: PT Pertamina (Persero)
SME Development : PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
CID Pendidikan : PT Telkom Indonesia (Perseo) Tbk
CID Kesehatan : PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
CID Lingkungan : PT Pegadaian (Persero)
CSV : PT PLN (Persero)
TJSL of The Year : PT PLN (Persero)
Local Heroes : Sri Setyaningsih dari PT Pertamina (Persero)
Best Millenial TJSL : PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Best BUMN TJSL : PT Pertamina (Persero)
Rumah BUMN of The Year : Rumah BUMN Balikpapan dari PT Pertamina (Persero)
Facilitator Rumah BUMN of The Year : Agung Yudha dari PT PLN (Persero). (Ina)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU