16 June 2024
HomeNusantaraTekan Polusi Udara, PLN UID Jakarta Raya Pasang Water Mist Generator

Tekan Polusi Udara, PLN UID Jakarta Raya Pasang Water Mist Generator

SHNet, JAKARTA – Berbagai upaya menekan polusi di Ibu Kota terus dilakukan. Tak terkecuali oleh PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta. Caranya, dengan melakukan pemasangan “water mist generator” di atap gedung kantor PLN UID Jakarta Raya, yang terletak di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Langah pemasangan “water mist generator” ini sejalan dengan arahanPresiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Water mist generator” yang dipasang di atap kantor PLN UID Jakarta Raya pada Jumat (8/9/2021) itu merupakan alat penyemprot air otomatis. Alat ini merupakan implementasi penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Sesuai arahan Pj Gubernur DKI Jakarta, gedung-gedung tinggi yang ada di Jakarta, diminta memasang “ater mist generator” di atap gedung.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengatakan bahwa pemasangan “water mist generator” di atap gedung kantor PLN UID Jakarta Raya ini merupakan perdana dilakukan.

“Kami sudah pasang satu _water mist generator_ di atap gedung kantor kami, yang tingginya 10 lantai”, ungkap Lasiran dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/9/2023).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto Tri mengungkapkan bahwa “water mist generator” mampu menghasilkan semburan air (atau campuran air dengan bahan lainnya) dengan ukuran yang halus, sehingga butiran air bisa beterbangan dan mengikat polutan agar meluruh ke permukaan tanah. Butiran air yang halus juga membuat mist generator tidak boros air.

“Penyemprotan air menggunakan “water mist generator” di atap gedung kantor kami dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari mulai pukul 8 sampai 11 siang dan sore hari mulai pukul 13 sampai 15 sore,” terang Lasiran.

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya adalah salah satu unit di bawah PT PLN (Persero) yang menjalankan fungsi pendistribusian listrik sampai ke pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik.

Mengimplementasikan aspirasi tersebut yang dengan tetap mendukung program Pemprov DKI Jakarta, PLN UID Jakarta Raya melengkapi dengan Jakarta Smart Electricity (JSE) 3.0 dengan 6 pilar yaitu Smart Services, Smart Business, Smart Infrastructure, Smart Living, Smart Mobility, dan Smart Sustainibility. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.  (Non)

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU