1 December 2021
HomeBeritaWapres Ma’ruf Amin Tutup Penyelenggaraan PON XX Papua

Wapres Ma’ruf Amin Tutup Penyelenggaraan PON XX Papua

Jayapura-Kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua mencerminkan kuatnya persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk. Lokasi penyelenggaraan atau venue yang tersebar di beberapa kota, serta keadaan pandemi COVID-19 menuntut kerja ekstra seluruh pihak yang terlibat dan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

Oleh karena itu, solidaritas yang tercermin dari teamwork ini harus terus dijaga, sebab seluruh masyarakat Indonesia adalah saudara. Kesuksesan penyelenggaraan PON XX di Papua Tahun 2021 ini juga mencerminkan kuatnya persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk.

“Di sini, di Tanah Papua, kita sekali lagi membuktikan bahwa solidaritas, sportivitas, persatuan, dan kesatuan merupakan kunci kesuksesan bersama. Ini harus selalu kita jaga dan rawat bersama. Torang samua basodara. Kita semua bersaudara,” tegas Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin saat menutup penyelenggaraan PON XX Papua, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Wapres menyampaikan, data perolehan medali mencatat prestasi tim Papua yang berhasil memperoleh 93 medali emas dan berada pada peringkat ke-4, yang sebelumnya berada di peringkat ke-8 pada PON 2016. Prestasi ini menunjukkan bahwa Papua telah menjadi kekuatan elit olah raga nasional dan bukti bahwa bumi Papua tidak saja kaya, namun penuh dengan talenta. Untuk itu, talenta ini harus terus dijaga dan dikembangkan di semua aspek untuk mempercepat pembangunan kesejahteraan di Tanah Papua.

“Talenta inilah yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Papua. Sehingga kekayaan sumber daya alam akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Papua sendiri,” ujar Wapres.

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga menyampaikan apresiasinya atas tekad dan dedikasi yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat Papua yang bahu membahu mempersiapkan dan menyelenggarakan PON kali ini. Ia menilai, penyelenggaraan acara ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, khususnya dengan berbagai pembatasan yang ada sehubungan dengan pandemi.

“Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan. Tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya, bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa. Saya ucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Papua, ini menunjukkan bahwa Papua bukan saja sejajar dengan provinsi lain di Indonesia, tetapi dalam beberapa aspek justru jauh lebih unggul,” katanya.

Wapres juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh atlet yang telah bertanding secara sportif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan seluruh jurnalis serta media yang telah mendukung penuh dalam penyiaran pekan olahraga ini sehingga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Apresiasi dan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh jurnalis dan awak media atas kerja kerasnya dalam menyiarkan kegiatan PON XX secara penuh, sehingga semakin memperkuat rasa saling memiliki, saling mempererat rasa persaudaraan sebagai bangsa yang besar dan bersatu,” jelas Wapres.(dd)

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU