23 May 2024
HomeBeritaHBH IAS, Ketua Letjen TNI (Purn) M.Herindra Ajak Perkuat Silaturahmi dan Soliditas...

HBH IAS, Ketua Letjen TNI (Purn) M.Herindra Ajak Perkuat Silaturahmi dan Soliditas Alumni

SHNet,Jakarta-Halal Bil Halal (HBH) Keluarga Besar Ikatan Alumni SMAN 8 atau Smandel (IAS) sukses digelar di aula Sasana Krida gedung sekolah  yang terletak di Jalan Taman Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (28/04/2024). Acara HBH yang didahului kegiatan pengajian dengan host Angkatan 1999 ini  bertema “Indahnya Ukhuwah” dibawakan oleh Ustad Yani Bayani yang juga guru fisika Smandel.

Hadirin yang mengikuti kajian di Masjid Darul Irfan Smandel dan kemudian menghadiri HBH ini hampir semuanya mengenakan pakaian tradisi Betawi. Kentalnya nuansa Betawi dalam kegiatan kajian dan HBB tak lain untuk menghargai dan merawat budaya Betawi tersebut.

Oleh karena itu usai kajian, acara pembukaan HBH ditampilkan budaya “Palang Pintu” yang dimulai dari gerbang sekolah menuju aula Sasana Krida. Sejumlah seniman Betawai dengan pakain khas Betawai dan penampilan seni bela diri yang diikuti pantun bersambut, mengawali HBH yang diikuti wakil semua angkatan dari tahun 1960-an.

Jajaran Pengurus IAS periode 2023-2027 mulai Ketua umum, Sekum, Bendahara, dan pengurus lain, termasuk ketua komunitas yang ada di dalam IAS hadir dan memeriahkan acara HBH ini. Sajian makanan atau menu khas Betawi juga tersaji  begitu beragam, sehingga hadirin dapat memilih menu atau makan yang disukainya.

Alumni SMAN 8 Jakarta dengan pakaian Betawi, gembira di acara HBH IAS, Minggu (28/04/2024)

Pentinya Silaturahmi

Ketua umum IAS periode 2023-2027, Letjen TNI (Purn) M.Herindra dalam sambutannya mengatakan,  HBH ini merupakan tradisi yang baik, termasuk yang digelar oleh IAS. Karena dengan HBH dan silaturahmi, menambah hubungan persaudaraan dan perkawanan yang semakin erat.

“Ini kelanjutan dari acara sebelumnya yang digelar IAS periode saat ini yakni buka puasa bersama dan pemberian santunan kepada keluarga besar alumni yang membutuhkan, juga kepeda sejumlah guru Smandel yang dinilai sangat membutuhkan,” kata M.Herindra.

Dalam suasana yang sangat guyub itu, M.Herindra yang merupakan alumni Smandel tahun 1983 mengucapkan terima kasih yang sangat besar kepada panitia dan juga pada alumni yang hadir di acara ini. “Ini masih bulan syawal, jadi kita syawalan sambil kangen-kangenan.”

M.Herindra menandaskan bahwa mengurus ikatan alumni merupakan pengabdian bagi kita semua, bahkan secara berkelakar dikatakan, sebagai pengorbanan, tapi pengorbanan yang bermanfaat bagi kita semua, keluarga besar  Smandel. Semoga kerja bakti untuk alumni ini dibalas oleh yang Maha Kuasa.

Di akhir sambutan, M. Hendra  berharap IAS semakin solid dan kompak. Dengan demikian ke depan dapat lebih banyak memberikan kontiribusi terbaik bagi almamater dan alumni. “Ayoo kita curahkan perhatin kita pada alumi dan almamater,” ajak Herindra.

Jaga Kekompakan

Senada dengan M.Herindra, Ketua MPA IAS periode 2023-2023 Letjen TNI (Purn) Sabrar Fadilah juga menekankan pentingnya silaturahmi dan menjaga hubungan yang baik diantara alumni, guru, sekolah dan keluarga besar Smandel. “Inilah salah satu kekuatan kita yang tak banyak dimiliki alumni atau sekolah lain,” katanya.

Dalam konteks soliditas IAS, Sabrar Fadilah yang juga teman seangkatan Herindra di Smandel, mengingatkan bahwa IAS akan kuat bila didukung semua angkatan dan semua komunitas yang ada di lingkungan alumni Smandel. “Jadi, memang harus kompak seperti dikemukakan Ketua IAS,”tambahnya.

Sedangkan sambutan atas nama sekolah, disampaikan Wakil Kepala Sekolah, Gatot Handoko yang menginformasikan bahwa sekolah akan membangun sebuah aula yang lebih besar dan representative untuk berbagai kebutuhan, baik sekolah maupun alumni.

“Doakan, kita tengah mengusahakan membangun aula yang besar dan memanfaatkan lahan bekas PDAM di samping sekolah. Ada alumni yang akan membantu, sekolah juga tengah melakukan pendekatan ke Depkeu terkait lahan PDAM,” ungkap Gatot Handoko.

Kepala Sekolah SMAN 8 M. Muklis yang tiba terlambat karena kemacetan, juga sangat mendukung program dan kegiatan IAS di bawah M.Herindra. “Kita harus saling bergandengan tangan untuk kemajuan almamater dan laumni.” (sur)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU