20 April 2024
HomeBeritaOlahragaLiburan Makin Seru dengan MXGP 2024, Jelajahi pesona Keindahan Lombok & Sumbawa

Liburan Makin Seru dengan MXGP 2024, Jelajahi pesona Keindahan Lombok & Sumbawa

SHNet, JAKARTA – Indonesia kembali menggelar 2 seri Kejuaraan Motocross Dunia MXGP 2024yang akan berlangsung di Sumbawa pada 30 Juni 2024, di lanjutkan dengan seri MXGP di Lombok, 7 Juli 2024. Menjadi tuan rumah dua seri sekaligus Kejuaraan Dunia Motocross MXGP tentu tak main-main. Tak  banyak negara mendapat kesempatan serupa.

Musim ini, hanya Indonesia yang menjadi tuan rumah 2 seri beruntun balapan MXGP 2024 seri 11 dan 12. Seri pembuka MXGP 2024 akan dimulai pada 10 Maret di Villa La Angostura, Argentina dan ditutup pada 6 Oktober di Matterley Basin, Inggris. Sementara Indonesia akan menggelar seri 11 di sirkuit Samota, Sumbawa dan seri 12 di sirkuit Selaparang, Lombok.

“Tahun 2024 lebih istimewa dengan diluncurkannya Discover Lombok Sumbawa agar dapat menjadi sebuah kampanye dan tentunya branding pariwisata Nusa Tenggara Barat. Masyarakat Indonesia tentunya tak hanya dapat menjadi saksi keseruan event MXGP 2024, namun juga dapat menjelajahi keindahan dan potensi wisata, serta keunikan budaya yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri di Lombok dan Sumbawa. Saya mengundang masyarakat Indonesia dan mancanegara pecinta keindahan alam Indonesia, untuk datang dan menjadi saksi betapa eksotisnya pemandangan diLombok dan Sumbawa” tutur Zulkieflimansyah, Chairman of MXGP Indonesia 2024 dalam temu media di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2024).

Destinasi wisata berlimpah di Lombok dan Sumbawa pada akhirnya membuat para wisatawan tak ragu datang menyaksikan ajang MXGP 2024. Pasalnya, tak saja keseruan gelaran MXGP, tapi mereka juga punya kesempatan menjelajah berbagai tempat di Nusa Tenggara Barat yang menawarkan pesona alam yang luar biasa indahnya.

Di Sumbawa misalnya ada ‘Pulau Kenawa’ Pulau tak berpenghuni dengan panorama padang rumputyang luas. Sangat indah memandang perpaduan antara hamparan savanna dan lautan biru.

Kemudian ‘Pulau Pasareang’ yang mampu menghipnotis wisatawan dengan hamparan padang rumputnya. Wisatawan dapat mengeksplor keindahan pulau dengan trekking melalui jalur barat atau jalur timur. Jika memilih Jalur barat, akan ada lokasi wisata lain yang bisa dinikmati yaitu panorama indah ‘Gunung Rinjani’ di sepanjang jalan.

‘Air Terjun Mata Jitu’, ‘Pulau Paserang’ hingga ‘Gunung Tambora’ pun merupakan lokasi-lokasi wisata yang sayang jika dilewatkan di Sumbawa. Semua lokasi wisata alam ini suasananya masih sangat aslikarena belum banyak terjamah.

Tempat-tempat wisata inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan atau kroser dunia MXGP. ‘Air Terjun Sendang Gile’ menyuguhkan air terjun di tebing bertingkat dengan udara sejuk dan pemandangan hijau nan asri. ‘Air Terjun Tiu Kelep’ yang merupakan air terjun eksotis dari pulau Lombok dan digadang-gadang sebagai air terjun paling romantis sehingga cocok sekali untuk liburan bersama pasangan.

Gili Trawangan yang terletak di Kabupaten Lombok Utara menawarkan beragam kegiatan alammenarik sekaligus pemandangannya yang sangat indah. Ada juga ‘Gili Meno’ yang menawarkansuasana tenang dan sangat cocok bagi wisatawan yang ingin terhindar dari bisingnya kota.

Tak Cuma itu, kearifan lokal Lombok dan Sumbawa pun merupakan keunikan yang dapat dirasakan oleh para wisatawan. Baju Adat Lamung Pene, Tari Gendang Beleg, Kerajinan Gegabah, Tenun KainSesek, Tari Rudat, Pacuan Kuda Sumbawa, Bela Diri Peresean atau Karapan Sapi Sumbawa.Itu lah sejumlah destinasi wisata di Sumbawa dan Lombok yang dapat dinikmati selain keseruan MXGP di Sirkuit Samota dan Selaparang.  (Non)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU