22 May 2022
HomeBeritaPariwisataMenparekraf Berinisiasi Gelar Rapat Koordinasi Persiapan G20 di Gua Batu Cermin

Menparekraf Berinisiasi Gelar Rapat Koordinasi Persiapan G20 di Gua Batu Cermin

SHNet, Labuan Bajo- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno berinisiasi melakukan rapat koordinasi persiapan G20 dengan kementerian/lembaga terkait di dalam Gua Batu Cermin.

Menparekraf menilai bahwa gua ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas menarik seperti meeting atau melakukan pertunjukkan seni budaya dan musik.

“Kami akan mulai satu inisiatif yaitu dalam persiapan menuju road to G20 kita akan melakukan meeting in the cave, jadi kita akan lakukan rakor persiapan Labuan Bajo tapi di dalam gua, dan kita juga mau cek kekuatan sinyalnya,” jelas Sandiaga saat berkunjung ke Gua Batu Cermin, NTT, Jumat (28/1/2022).

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Gua Batu Cermin. NTT. (Dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf)

“Ini bagian dari pada kebangkitan ekonomi kita. Mudah-mudahan bisa membuka peluang usaha yang lebih besar dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas,” lanjutnya.

Gua Batu Cermin sendiri memiliki luas mencapai 19 hektare dengan ketinggian 75 meter. Disebut batu cermin karena memiliki satu fenomena di mana sinar matahari masuk melalui sela-sela dinding batu gua dan cahayanya saling memantul, sehingga nampak seperti cermin.

Di dalam Gua Batu Cermin juga terdapat fosil laut yang menempel di dinding gua, juga terdapat terumbu karang di beberapa bagian gua.

Sandiaga Uno mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap mendorong berbagai program yang tepat sasaran dan tepat manfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan destinasi wisata Gua Batu Cermin yang terletak di Desa Batu Cermin, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Upaya ini dilakukan untuk menyambut perhelatan internasional KTT G20 2022 dan ASEAN Summit 2023. Karena persiapannya tidak hanya meliputi infrastruktur jalan setapak, tapi juga jaringan internet, gerai ekonomi kreatif seperti kuliner, kriya, fesyen yang berkearifan lokal, serta upskiling dan reskilling SDM.

“Kemenparekraf siap untuk tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Karena masyarakat menginginkan kehadiran pemerintah yang lebih intens lagi untuk menyambut KTT G20 dan ASEAN Summit 2023 yang akan menjadi harapan rakyat yang kita wujudkan dengan tentunya kebangkitan ekonomi dan pemulihan lapangan kerja,” ujar Menparekraf.

Turut mendampingi menparekraf, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu; Direktur Perumda Bidadari/Pengelola Gua Bayu Cermin, Werry Sutanto; Kadispar Manggarai Barat, Pius Baut; Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah III Prov NTT, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Denny Surya Martha. (Stevani Elisabeth)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU