16 June 2024
HomeBeritaOrasi Ilmiah Prof. Nugraha Edhi Suyatma: Meng-up grade Kemasan Pangan Biasa Menjadi...

Orasi Ilmiah Prof. Nugraha Edhi Suyatma: Meng-up grade Kemasan Pangan Biasa Menjadi Aktif dan Cerdas dengan Nanopartikel ZnO

SHNet, Jakarta-Guru Besar IPB, Prof. Dr. Nugraha Edhi Suyatma, menyampaikan Orasi Ilmiah dengan judul “Nanopartikel Seng Oksida dan Potensinya untuk Pengembangan Kemasan Pangan Berbasis Film Bionanokomposit Aktif dan Cerdas” pada 25 Mei 2024 di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga. Orasi Ilmiah ini menarik perhatian banyak pihak, mulai dari akademisi, peneliti, industri, hingga masyarakat luas.

Dalam orasinya, Prof. Nugraha memaparkan potensi luar biasa dari Nanopartikel Seng Oksida (NP-ZnO) untuk mengatasi permasalahan kemasan plastik dan meningkatkan mutu serta keamanan pangan. Dia menjelaskan bahwa NP-ZnO memiliki sifat biokompatibel (aman dan tidak toksik), memiliki kapasitas antimikroba yang luas terhadap bakteri, kapang, dan khamir, serta tetap transparan hingga penggunaan 10%.

Prof. Nugraha dan timnya di IPB telah menemukan bahwa inkorporasi NP-ZnO ke dalam matriks film biopolimer akan dapat meningkatkan kekuatan mekanik, sifat penghalang, dan ketahanan terhadap kelembaban, serta tidak hanya tahan terhadap serangan mikroba tetapi bahkan dapat bersifat sebagai antimikroba.

Orasi Ilmiah Prof. Nugraha mendapat banyak apresiasi dari para peserta. Banyak yang terinspirasi dengan penelitian beliau dan melihat potensi besar NP-ZnO dalam pengembangan kemasan pangan yang ramah lingkungan dan aman.

Potensi Besar untuk Industri dan Masyarakat

Penelitian Prof. Nugraha tentang NP-ZnO memiliki potensi besar untuk diaplikasikan dalam industri kemasan pangan. Kombinasi biopolimer dan NP-ZnO dapat menjadi alternatif material kemasan plastik yang lebih ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan.
Selain itu, NP-ZnO juga dapat digunakan untuk meningkatkan mutu dan keamanan pangan. Nanocoating yang mengandung NP-ZnO terbukti dapat memperpanjang umur simpan berbagai produk pangan, sehingga membantu mengurangi food waste.

Langkah Ke Depan
Prof. Nugraha berharap penelitiannya tentang NP-ZnO dapat segera diaplikasikan dalam industri dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Beliau mendorong kerjasama antara akademisi, peneliti, industri, dan pemerintah untuk mempercepat pengembangan teknologi ini. Orasi Ilmiah Prof. Nugraha menjadi bukti nyata bahwa IPB berkomitmen untuk menghasilkan penelitian yang berorientasi pada solusi dan bermanfaat bagi masyarakat luas. (cls)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU