22 May 2024
HomeBeritaEkonomiPelaku UMKM Harus Miliki Digital Skills Agar Bisa Bertahan di Masa Pandemi

Pelaku UMKM Harus Miliki Digital Skills Agar Bisa Bertahan di Masa Pandemi

SHNet, Jakarta– Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan yang tanpa disadari semua orang harus mengikutinya. Namun apapun yang terjadi saat ini masyarakat harus membuka diri dan berpikiran terbuka karena dengan begitu peluang akan datang.

“Network dan kolaborasi jadi hal penting karena sebuah usaha memerlukan kolaborasi satu sama lain,”
kata Aditya Nova Putra, Ketua Jurusan hotel pariwisata dari International University Liaison Indonesia (IULI) saat webinar Literasi Digital wilayah Jawa Barat I, Kota Bekasi, Senin (14/6/2021).

Aditya mengungkapkan, di era yang serba digital ini sangat penting bagi seorang entrepreneur untuk memiliki mindset yang berkembang terutama open minded. Apalagi ternyata banyak juga UMKM di masa pandemi ini yang justru malah berkembang.

“Di masa pandemi ini setiap orang akhirnya harus punya digital skills. Sekarang menjadi era dimana digitalisasi masuk dan terus berkembang, tanpa dibatasi oleh jarak,”

Sekarang merupakan masa di mana teknologi sudah berdampingan, sehingga untuk semua pelaku UMKM, seni, kreatif, maupun bidang lainnya masuk kepada era yang telah berubah ini yang kuncinya adalah akselerasi digitalisasi. Digitalisasi ini peningkatannya juga terlihat pada e-commerce, sehingga semua digitalisasi ini sudah berdampingan dengan kehidupan manusia saat ini.

Sudah banyak bisnis di masa pandemi ini yang tetap bisa bertahan dan justru berkembang, di antaranya toko sepeda, penjualan masker, on-demand salon, home-beauty product, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa dicapai berkat adaptasi dengan digital skills yang seolah-olah memang paksaan dari pandemic Covid-19. (Stevani Elisabeth)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU