7 July 2022
HomeBeritaKesraPembelajaran Media Digital Sangat Penting

Pembelajaran Media Digital Sangat Penting

SHNet, Jakarta-Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa di Program Pascasarjana Universitas Panca Sakti Bekasi dan para Pendidik PAUD di Indonesia.  Mengundang dua dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI) Teguh Setiawan S.Pd, M.I.Kom dan Handy Utama sebagai dosen tamu dalam perkuliahan “Media Pembelajaran Digital”  pada Sabtu (21/05/2022) melalui zoom.

Para peserta terdiri dari mahasiswa Program Pascasarjana PAUD, Guru PAUD dan masyarakat umum. Sebanyak 125 peserta mengikuti webinar ini.

Dosen Pengampu Media Pembelajaran Digital, Program Magister PAUD Univ Panca Sakti Bekasi,Dr. Erna Budiarti, M.Pd, mengatakan, pembelajaran media digital sekarang ini sangat penting dan harus dikuasai oleh para guru khususnya guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Konten pembelajaran media digital ini sangat penting dan sangat diminati oleh anak anak usia dini. Para guru juga harus dibekali penguasaan  bagaimana membuat konten video pembelajaran yang menarik dan ramah anak. Sebagai pendidik harus mengikuti perkembangan era digital agar dapat memfasilitasi murid.).

Sementara Handy Utama, Praktisi Audio Visual ATVI (Akadei Televisi Indonesia)  mengatakan, salah satu dampak Pandemi adalah kita dipaksa untuk akrab dengan dunia digital, salah satunya adalah pembelajaran online. Untuk itu guru harus menguasai  pembuatan konten media digital. Selain untuk materi belajar pembuatan konten juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi seorang konten creator. Ada dua hal yang harus dimiliki pertama adalah ide kreatif ,kedua harus update terhadap situasi yang terjadi.

Ada tiga keahlian dasar yang harus dikuasai seorang konten creator yaitu kemampuan menulis, kemampuan menggunakan kamera, dan kemampuan editing video. Tentunya bagi seorang guru membuat konten belajar juga dapat di manfaatkan untuk menambah penghasilan, walaupun tentunya membutuhkan proses.

Handy Utama, Praktisi Audio Visual ATVI

Teguh Setiawan S.Pd, M.I.Kom, praktisi, Dosen ATVI

 

 

 

 

Harus Update

Sedangkan  pembicara kedua Teguh Setiawan S.Pd, M.I.Kom seorang praktisi, Dosen ATVI dan juga aktif menulis di blog membawakan materi tentang teknik produksi konten video.

Dia mengatakan, era digitalisasi membuat semua guru harus update terhadap teknologi dan pandemic menjadi trigger bagi semua orang khususunya dunia pendidikan untuk belajar dan memahami bagaimana membuat pembelajaran online tersebut dapat menarik siswa. Untuk itu guru harus pandai membuat konten pembelajaran digital khususnya berbasis video.

“Konten Materi berbentuk video akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi serta inovatif, sehingga anak dapat memahami pelajaran yang sulit menjadi menyenangkan,” kata Teguh Setiawan , pemilik blog www.mastepedia.com

Kelebihan materi berbentuk video selain mengatasi hambatan ruang dan waktu, dapat digunakan di berbagai situasi, dapat diputar berulang ulang, guru juga dapat menentukan bagian mana yang akan dijelaskan. Untuk dapat membuat konten video yang sempurna selain harus menguasai teknik merekam gambar yang baik juga harus memahami bagaimana memanfaatkan fitur fitur yang ada di smartphone.

Kenali target audiens, mempersiapkan naskah, membuat alur cerita dan paham platform media yang digunakan merupakan syarat agar konten yang kita buat sesuai dengan yang kita inginkan. (sur)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU