25 February 2024
HomeBeritaStatus Tersangka, Firli Bahuri Kini Tengah Diperiksa Penyidik Bareskrim

Status Tersangka, Firli Bahuri Kini Tengah Diperiksa Penyidik Bareskrim

(Ist)

SHNet, Jakarta – Tepat pukul 08.30 WIB Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi yang diberhentikan sementara, Firli Bahuri tiba di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, untuk menjalani pemeriksaan kasus dugaan pemerasan terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Jumat (1/12/2023).

Pemeriksaan kali ini adalah yang pertama, sejak Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan.

Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Wadirtipidkor) Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa mengatakan, Firli telah tiba di Bareskrim pada pukul 08.30 WIB.

Selanjutnya, ia mulai diperiksa oleh penyidik gabungan Subdittipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri sekitar pukul 09.00 WIB.

“Saudara FB dan penasihat hukumnya tiba pukul 8.30 WIB. Pemeriksaan oleh penyidik terhadap yang bersangkutan telah dimulai sejak 09.00 WIB di lantai 6 Dittipidkor,” kata Arief Adiharsa kepada wartawan, Jumat.

Pun diketahui, kasus pemerasan bermula dari pengaduan masyarakat ke Polda Metro Jaya pada 12 Agustus 2023 lalu.

Aduan itu berisi dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK, pada perkara korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021. Kemudian, beredar foto pertemuan Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulu tangkis.

Setelah melewati serangkaian penyelidikan, polisi menaikkan status menjadi penyidikan pada 6 Oktober 2023. Firli pun sudah ditetapkan tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri.

Seperti diketahui, usai Firli ditetapkan sebagai tersangka, Presiden Joko Widodo menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk sementara waktu. (mayhan)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU