7 July 2022
HomeBeritaTimnas Bola Indonesia ke Semi Final?

Timnas Bola Indonesia ke Semi Final?

Oleh : Eddy Lahengko

Tim Nasional Indonesia akankah melaju ke babak semi final SEA Games yang kini sedang berlangsung di Vetnam, Hanoi, menyusul tuan rumah Vietnam dari grup A dan Malaysia , Thailand dari grup B?

Pertanyaan ini nanti terjawab dalam pertandingan yang dilangsungkan petang ini , menghadapi Myanmar. Pasukan yang ditukangi Pelatih Shin Tae Yong atau STY ini hanya minimal bermain seri dipartai terakhir babak penyisihan grup A sudah menghantar Ricky Kambuaya dkk melaju ke semi final.

Tim nasional Indonesia yang ditargetkan membawa pulang medali emas, saat ini berada di urutan kedua klasemen dengan nilai 6 dari tiga laga yang sudah dilaksanakan. Sementara tuan rumah Vietnam memuncaki klasemen dengan nilai 7 dari tiga partai yang sudah dipentaskan. Sedang Myanmar berada diposisi ketiga mengantongi nilai 6 dari tiga partai yang sudah dilaksanakan.

Pasukan yang dilatih pelatih kaliber dunia asal Korsel ini unggul selisih gol dengan Myanmar. Makanya dalam pertandingan, Minggu petang ini (15/5), tidak ada kata kalah bagi Egy Maulana dkk,jika menginginkan tiket ke semi final.

Sementara dari grup B, Malaysia dan Thailand sudah memastikan melaju ke babak empat besar. Malaysia berada dipuncak klasemen mengoleksi nilai 7 dari tiga laga yang sudah dilakoni dan Thailand mengantongi nilai enam dari tiga laga yang sudah dipentaskan.

Penentuan untuk juara grup dan runner up baik grup A maupun grup B, akan ditentukan pada laga terakhir. Untuk grup A , antara Myanmar vs Indonesia dan Vietnam vs Timor Leste yang dipentaskan Minggu petang dan malam ini.

Sedang di grup B dipastikan partai yang dilangsungkan, hari Senin,(16/5),yakni Malaysia vs Kamboja dan Laos vs Thailand.

Minimal Seri

Partai yang dipentaskan Minggu petang ini antara Myanmar vs Indonesia, dipastikan berlangsung seru dan sengit. Karena dua tim ngotot untuk meraih kemenangan, terutama Myanmar.

Namun melihat grafik permainan, Witan dkk diatas kertas bisa mengungguli Myamar. Asalkan Timnas Indonesia jangan sampai lengah saja.

Pasukan STY dalam dua laga terakhir, menaklukan Timor Leste  dan Filipina mengalami peningkatan baik dalam kerjasama antar pemain maupun kualitas tim. Kekalahan menghadapi tuan rumah di partai awal grup dilupakan para pemain.

Ricky Kambuaya dkk sudah menatap kemenangan demi kemenangan yang diraih dengan menerapkan dengan baik dan penuh disiplin strategi dan taktik dari Pelatih STY.

Menghadapi Myanmar yang juga tim cukup tangguh, STY tidak akan melakukan perubahan susunan pemain. Rasanya susunan pemain ketika membantai Filipina 4-0, tidak akan berubah banyak. Di sektor pertahanan ada Rizky Ridho sebagai kordinatornya, bek sayap tetap ditempati Asnawi Mangkualam, dan untuk lini tengah sebagai penjaga keseimbangan tim baik dalam bertahan maupun menyerang dipercayaakan kepada Ricky Kambuaya dan Marck Klok bertugas sebagai play maker. Sedang di depan ada Witan Sulaiman dan Egy Maulana akan mengacak acak pertahanan Myanmar.

Permainan tim baik antar lini maupun antar sektor sudah mulai ditampilkan dengan baik oleh para pemain Indonesia sebagai yang diinginkan Sang Arsitek.

Aliran bola dari lini tengah, maupun dua wing bek ke depan , yang diterima Witan, Egy , cukup membuat kocar kacir pertahanan lawan.

Jika mereka tampil seperti melawan Filipina yang cukup disiplin menerapkan permainan, maka kemenangan akan digenggam Witan dkk.

Egy dkk dengan motivasi dan semangat tinggi bahu membahu di lapangan dalam mengawal pertahan sendiri maupun menekan pertahanan lawan. Kekompakan antar pemain sudah tersajikan di lapangan.

Kepiawaian Pelatih STY masih diuji lagi menghadapi pertarungan melawan Myanmar, tentu Sang Arsitek sudah mengantongi taktik dan strategi yang jitu untuk menaklukan lawan.

Dan para pemain yang dipercayakan Sang Pelatih  melakoni pertandingaan babak terkahir babak penyisihan grup sudah siap untuk menerapkannya.

Tentu harapan STY dan masyarakat Indonesia dalam partai ini tidak berakhir seri tapi kemenangan yang diraih dalam partai yang penuh dramatis ini. Semoga.

Penulis, Edddy Lahengko adalah Wartawan Senior.

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERBARU