22 May 2022
HomeBeritaYerusalem, Vatikan dan Lourdes Ditetapkan Tempat Ziarah Rohani Umat Katolik dari Indonesia

Yerusalem, Vatikan dan Lourdes Ditetapkan Tempat Ziarah Rohani Umat Katolik dari Indonesia

JAKARTA, SHNet – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia, menetapkan Negara Vatikan, Lourdes (Perancis) dan Yerusalem (Israel) sebagai tempat ziarah rohani khusus bagi Umat Katolik.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia, Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono, Rabu, 26 Januari 2022, menjelaskan, tiga wilayah itu menjadi tempat ziarah rohani umat Katolik dari Indonesia, sudah mendapat persetujuan dan arahan dari Menteri Agama Republik Indonesa, Yaqut Cholil Qoumas.

Adiyarto Sumardjono, mengatakan, Yerusalem, Vatikan dan Lourdes menjadi tempat ziarah rohani umat Katolik, program skala prioritas Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Ini sebagai bagian dari transpormasi layanan sebagai program prioritas Menteri Agama Republik Indonesia. Petunjuk teknis layanan ziarah rohani umat Katolik tengah dipersiapkan,” kata Adiyarto Sumardjono.

Dikatakan Adiyarto Sumardjono, selain menetapkan Vatikan, Yerusalem dan Lourdes sebagai tempat ziarah rohani, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik berkordinasi dengan masing-masing keuskupan, untuk membenahi  tempat ziarah yang sudah lama ada di Indonesia.

Negara Vatikan, sebagai pusat kegiatan umat Katolik sedunia dikepalai seorang dengan sebutan Pope (Paus). Kepala Negara Vatikan sebagai dijabat Paus Fransiskus, asal Argentina.

Vatikan atau Kota Vatikan, dengan nama resmi Negara Kota Vatikan, adalah sebuah negara enklave seluas 44 hektare yang dikelilingi tembok di dalam kota Roma di Italia.

Lourdes, Perancis, sudah ratusan tahun terakhir, dikenal sebagai tempat ziarah umat Katolik dari seluruh dunia, dengan Patung Bunda Maria, Ibu Yesus.

Gua Maria di Lourdes, terletak di kaki pegunungan Pyrenees, dan memiliki 17.000 penduduk. Pada Februari 1858, Perawan Maria Terberkati, menampakkan diri kepada anak kecil 14 tahun bernama Bernadette Soubirous (sekarang Santa Bernadette) di Grotto of Massabielle terpencil. Bernadette Soubirous masuk biara Nevers pada 1866 dan dikanonisasi pada 1933.

Yerusalem, terutama kawasan Betlehem, dikenal di dalam sejarah peradaban Kebudayaan Yahudi yang melahirkan Agama Katolik, sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus.

Yerusalem merupakan salah satu kota tertua di dunia, terletak di sebuah dataran tinggi di Pegunungan Yudea antara Laut Tengah dan Laut Mati. Kota Yerusalem sebagai kota suci bagi agama Abrahamik utama: Yudaisme, Katolik dan Islam.

Adiyarto Sumardjono, mengatakan, berdasarkan arahan Menteri Agama, Yaqut Cholil Choumas, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik perlu menekankan sinergitas pelayanan dan program.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama, perlu menggalakkan pembinaan mental Aparatur Sipil Negara, seperti mengkoordinasikan perayaan misa rutin bagi umat Katolik yang bekerja di berbagai kementarian, tiap periode tertentu.

Ini bagian tidak terpisahkan dari tranpormasi dan moderasi kehidupan beragama, mencakup perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian peningkatan sarana dan prasarana yang mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.*

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU