27 January 2022
HomeBeritaKesraMenjadi "Film Maker" Ala Anak Desa

Menjadi “Film Maker” Ala Anak Desa

SHNet, Jakarta- Puput Juang adalah salah satu mahasiswa Akademi Televisi Indonesia atau ATVI yang saat ini berprofesi sebagai produser, sutradara dan penulis yang tinggal di sebuah desa, di kota kecil Gombong, Kebumen Jawa Tengah. Puput juga aktif dalam berbagai komunitas film di daerahnya dan juga sebagai pendiri komunitas kedung, yang pada akhirnya bertransformasi sebagai sebuah perusahaan film.

Salah satu filmny berjudul Jagatan, yang merupakan film pendek eksperimental yang bekerjasama dengan Roemah Martha Tilaar, Gombong. Film ini menceritakan tentang tiga tokoh utama wim, han dan prabu  yang memiliki perbedaan, namun mereka bisa bersatu dengan segala dinamika dan gejolak dalam perjalanan hidupnya dengan menjaga harmonisasi antara sesama dan alam sekitarnya. Film jagatan ini berhasil diputar di berbagai negara lain, di antaranya Argentina

Itulah yang diungkap Puput dalam acara “Ngobrol Bareng di Instagram” bersama dosen ATVI, Teguh Setiawan alias  ‘Mastepedia” pada  Jumat akhir pekan lalu.

Menurut Puput saat ini dengan segala kemudahan akses digital dan internet walaupun tinggal di kota kecil tetap bisa berkreasi dan menghasilkan sebuah karya yang bagus dan dinikmati orang banyak.

Terkait tips agar karya kita dapat memenangkan sebuah lomba, yang utama adalah memahami tema dan karakter juri dalam lomba tersebut, namun menurutnya yang terpenting adalah mulailah dengan membuat sebuah karya yang sempurna dan ikut sertakan dalam lomba, menang kalah urusan berikutnya.

Terkait dengan peralatan, bahwa sebenarnya membuat sebuah karya yang baik tidak harus menunggu sampai memiliki peralatan yang sempurna, karena beberapa karya Puput juga ada yang menggunakan smartphone, namun jika peralatannya memadai tentunya akan lebih menyempurnakan hasilnya. (sur)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU