22 May 2024
HomeBeritaKesraOrang Tua Dampingi Anak saat Berinternet

Orang Tua Dampingi Anak saat Berinternet

SHNet, Jakarta- Saat ini internet sudah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak. Digunakan untuk melakukan pembelajaran secara daring, mencari hiburan hingga berkomunikasi dengan teman sebaya. Peran orang tua sangat penting untuk melindungi anak di era internet seperti sekarang.

“Perasaan aman dan nyaman berinternet bisa didapatkan orang tua dengan menjaga komunikasi dengan anak. Komunikasikan dengan tenang mengenai kebutuhan, tanggung jawab dan resiko berinternet. Lalu buat aturan bersama terkait penggunaan internet di rumah,” Elly Nurul dari Kumpulan Emak Blogger saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I, Kamis (17/6/2021).

Beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua agar anak aman berinternet dimulai dengan pemahaman dasar internet yang aman dan bahaya dalam jaringan internet bagi anak.

Selanjutnya berikan kepercayaan pada anak. Dengan begitu anak akan makin terbuka kepada orang tua dan ingatkan anak untuk langsung memberitahu orang tua jika mengalami situasi daring yang tidak menyenangkan.

Selanjutnya bekali diri dengan belajar mengenai internet. Jangan anti teknologi pelajari semua tentang internet, jangan ada alasan untuk tidak bisa atau gaptek. Jadilah tempat pertama untuk anak-anak bercerita tentang apapun yang dihadapinya di dunia nyata maupun internet.

Jelajahi internet bersama anak, untuk menghindari anak mengakses atau terpapar konten yang tidak pantas, jangan biarkan anak berselancar sendirian di dunia maya.

Internet sebagai media komunikasi bersama anak, cari tahu hal-hal baru yang menarik bersama anak. Belajar bersama anak, jangan ragu atau malu belajar bersama anak.

Ajarkan anak menjaga data privasi. Bahwa tidak semua hal bisa dibagikan di dunia maya atau sosial media. Dorong anak untuk menjaga reputasi baik di media sosial. Dorong anak untuk menjaga sandi password yang kuat dan tidak mudah ditebak. Tanamkan pentingnya jejak digital. Kemudian orang tua juga perlu menggunakan fitur keamanan berinternet seperti google safesearch membantu filter konten eksplisit dari semua jenis pengaturan. (Stevani Elisabeth)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU