7 July 2022
HomeBeritaKesraPameran Seni Rupa "Insecare "

Pameran Seni Rupa “Insecare “

SHNet, Jakarta-Mata kuliah “Tinjauan Kelola Pameran 1” Program Studi S-1 Tata Kelola Seni, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta melahirkan Kolektif Yuk semangart sebagai respon dari tugas mata kuliah. Kolektif ini terdiri mahasiswa dari tiga Jurusan di Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta yang kemudian menggelar pameran bertema “insecare”. Pameran akan digelar  di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Di sampng itu Pertunjukan musik: PHD, The Wirox, Riinggootzz, Condoom, Throwback Vault, Somniare, Paraphernalia, DATC dan Menahem.

Meningkatnya intensitas kepedulian akan rasa insecure (rasa tak percaya diri) menjadi latar belakang pameran. Karena itu pameran ini menjadi media ekspresi rasa insecure tersebut. Tak lupa pameran ini sebagai bentuk titik balik melawan rasa insecure tersebut. Maka tercetuslah judul “insecare” (paduan antara “insecure” dan “care”).

Bersama para perupa nasional Dedy Sufriadi, Lutse Morin, dan Syam Terrajana, serta 17 seniman hasil seleksi terbuka merespon tema pameran yang digelar di Ruang Sultan Agung Lt. 2, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Karya Edsel Nurvito berudul “Wild Thought” Media : mix media on canvas,ukuran : 50x60cm, tahun 2021

Dalam pameran ini juga diadakan pasar karya seni sebagai media jual beli lukisan. Terdapat pula “live mural” pada hari pertama pameran serta bincang seni pada hari kedua. Pameran akan diakhiri dengan gelaran seni pertunjukan pada 22 Mei 2022, dengan menampilkan sejumlah grup musik. Yang akan diadakan di panggung rigging, Taman Budaya Yogyakarta.

Meski belum sepenuhnya terlepas dari pandemi, kegiatan ini diharapkan mampu mengobati rasa rindu akan pameran luring. Segala bentuk apresiasi tentu sangat berharga dan menciptakan atmosfer baru dalam penyelenggaraan pameran berikutnya. Tanpa pameran seni, rasanya hidup seperti tak berarti. Nah, karena itu, jangan lupa nonton, agar insecare dalam diri kita tumbuh dengan baik. (sur)

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU