27 January 2022
HomeBeritaMantan Kepala Intelijen Kazakhstan Ditangkap

Mantan Kepala Intelijen Kazakhstan Ditangkap

NUR-SULTAN, SHNet – Mantan Kepala Intelijen Kazakhstan, Karim Massimov, ditangkap, karena dituding sebagai salah satu penggerak kerusuhan paling mematikan dalam 30 tahun di negara itu.

Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev menyatakan 10 Januari 2022 sebagai hari berkabung nasional di negara itu, sekretaris pers Berik Uali mengumumkan pada hari Sabtu, 8 Januari 2022.

“Sehubungan dengan banyaknya korban jiwa akibat peristiwa tragis di sejumlah wilayah negara, Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev memutuskan untuk mendeklarasikan 10 Januari 2022 sebagai hari berkabung nasional,” tulis Kassym Jomart Tokayeb di laman akun facebook.

Kantor Berita Nasional Federasi Rusia, Telegrafnoie Agenstvo Sovietskavo Soyusa, TASS Russian News Agency dan Kantor Berita Nasional Inggris, Reuters, melaporkan, Sabtu petang, 8 Januari 2022.

Rusia memandang peristiwa di Kazakhstan sebagai kerusuhan, diprovokasi dari luar dan bertujuan untuk merusak keamanan dan integritas republik, Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat Anatoly Antonov mengatakan dalam sebuah wawancara untuk Newsweek Jumat, 7 Januari 2022.

“Rusia memandang perkembangan kekerasan yang diprovokasi secara eksternal di negara sahabat itu sebagai tujuan untuk mengganggu keamanan dan integritasnya. Kami akan membantu upaya untuk memulihkan kehidupan normal di Kazakhstan,” kata Antonov.

Antonov mencatat bahwa penyebaran ideologi agama radikal di Asia Tengah disebabkan oleh intervensi militer Barat di Timur Tengah.

“Ada kekhawatiran serius atas penyebaran lebih lanjut ideologi agama radikal di Asia Tengah. Itu berasal dari destabilisasi di Timur Tengah dan Afghanistan yang, pada gilirannya, disebabkan oleh campur tangan militer Barat dengan dalih membela hak asasi manusia dan demokrasi,” kata pejabat Rusia itu.

Pada 2 Januari 2022, protes meletus di beberapa kota di Kazakhstan. Dalam beberapa hari, mereka meningkat menjadi kerusuhan massal dan penyerangan terhadap badan-badan otoritas di banyak kota.

Ribuan orang terluka, dan ada korban jiwa. Presiden Kassym-Jomart Tokayev meminta bantuan dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, Collective Security Treaty Organization (CSTO).

Penjaga perdamaian CSTO telah memulai misi mereka di Kazakhstan. Menurut pihak berwenang, tatanan konstitusional di Kazakhstan umumnya dipulihkan pada 7 Januari 2022. Situasi di Almaty tetap yang paling rumit.

Mantan kepala intelijen Kazakhstan, Karim Massimov, telah ditangkap karena dicurigai melakukan pengkhianatan, kata badan keamanan negara pada hari Sabtu, 8 Januari 2022, ketika bekas republik Soviet itu diguncang oleh guncangan terburuk dalam 30 tahun.

Penahanan Karim Massimov diumumkan oleh Komite Keamanan Nasional yang dia pimpin sampai dia dipecat minggu ini oleh Presiden Kassym-Jomart Tokayev saat protes melanda negara Asia Tengah itu.

Tokayev mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dalam panggilan telepon “panjang” bahwa situasi di negara itu stabil.

Dikatakan bahwa Presiden Federasi Rusia, Vladimir Putin mendukung proposal dari Presiden Kazakhstan, Kassym Jomart Tokayev atas seruan untuk mengadakan konferensi video para pemimpin dari CSTO, yang di bawah payung Rusia dan empat bekas republik Soviet telah mengirim pasukan ke Kazakhstan untuk membantu mewujudkannya.

Puluhan orang tewas, gedung-gedung publik yang ditahan dan gedung-gedung publik di seluruh Kazakhstan dibakar selama seminggu terakhir dalam terburuk terburuk yang dialami produsen minyak dan uranium utama sejak merdeka pada awal 1990-an ketika USSR runtuh, 25 Desember 1991.

Kassym Jomart Tokayev telah memerintahkan pasukannya untuk menembak mati untuk mewujudkan apa yang disebutnya serangan oleh bandit dan teroris.

Kassym Jomart Tokayeb, mengatakan pada hari Jumat, 7 Januari 2022, bahwa negara telah “menidurkan” persiapan para penghasut untuk serangan ke kota terbesar, Almaty, dan di seluruh negeri. Penangkapan Massimov menunjukkan bahwa tindakan melawan mereka yang dianggap bertanggung jawab sedang berlangsung.

Selain mengepalai badan intelijen yang menggantikan Komite Keamanan Negara, Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti  (KGB) era Union of Soviet Socialist Republic (USSR), Massimov adalah mantan perdana menteri dua kali yang bekerja erat dengan mantan Presiden Nursultan Nazarbayev, penguasa negara itu selama tiga dekade hingga ia menyerahkan kursi kepresidenan ke Presiden Kassym Jomart Tokayev pada 2019.

Demonstrasi di seluruh negeri dimulai sebagai tanggapan terhadap kenaikan harga bahan bakar tetapi meningkatkan gerakan luas melawan pemerintah Tokayev yang didukung Rusia dan Nazarbayev yang berusia 81 tahun, yang diyakini secara luas mempertahankan pengaruh di Nur-Sultan, ibu kota. yang menyandang namanya.

Setelah beberapa hari kekerasan, pasukan keamanan tampaknya telah merebut kembali kendali jalan-jalan di kota utama Kazakhstan, Almaty, pada hari Jumat, 7 Januari 2022.

Beberapa bisnis dan pompa bensin mulai dibuka kembali pada hari Sabtu di kota berpenduduk sekitar 2 juta orang itu ketika pasukan keamanan berpatroli di jalan-jalan. Suara tembakan sesekali masih terdengar di sekitar alun-alun utama kota.

Wakil walikota kota yang dikutip oleh kantor berita Rusia RIA mengatakan operasi untuk membersihkan kota dari “teroris dan kelompok bandit” masih berlangsung dan warga disarankan untuk tinggal di rumah.

Kementerian dalam negeri mengatakan bahwa lebih dari 4.400 orang telah ditahan sejak awal kerusuhan. Tokayev mengumumkan bahwa hari berkabung nasional akan berlangsung pada hari Senin untuk memperingati mereka yang tewas dalam kerusuhan tersebut.

Pengerahan aliansi militer CSTO pimpinan Rusia di Kazakhstan atas undangan Tokayev datang pada saat ketegangan tinggi dalam hubungan Timur-Barat ketika Rusia dan Amerika Serikat bersiap untuk pembicaraan minggu depan mengenai krisis Ukraina.

Moskow telah mengerahkan sejumlah besar tentara di dekat perbatasannya dengan Ukraina meskipun menyangkal anggapan Amerika bahwa pihaknya berencana untuk menyerang negara itu, dengan mengatakan pihaknya menginginkan jaminan bahwa North Atlantic Treaty Organization (NATA) akan menghentikan ekspansi ke arah timur.*

Sumber: tass russian news agency/reuters

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU